Yelena Baturina, Satu-satunya Miliarder Perempuan di Rusia

Yelena Baturina, Satu-satunya Miliarder Perempuan di Rusia

Kenapa Orang Kaya Makin Kaya Raya?
4 Orang Terkaya di Indonesia Setara dengan 100 Juta Penduduk Miskin
Selain Cantik, 7 Wanita Muslim Ini Dinobatkan Sebagai Wanita Terkaya di Dunia

MOSKOW, SUARADEWAN.com — Yelena Baturina kembali menjadi sosok perempuan terkaya di Negara Federasi Rusia. Pada daftar yang dirilis Forbes, dia satu-satunya miliarder perempuan di negaranya.

Dikutip dari The Moscow Times, Minggu (28/10/2018), Baturina merupakan presiden dari perusahaan konstrusi Inteco Management. Namun, perusahaan tersebut ia dijual ketika suaminya turun dari jabatannya sebagai walikota Moskow.

Menurut data Forbes, kekayaan Baturina mencapai USD 1,2 miliar atau Rp 18,2 triliun. Angka tersebut naik dari tahun sebelumnya, meski Baturina mengaku kekayaan lebih kecil ketimbang saat suaminya menjabat sebagai walikota.

Baca juga  Tak Mau Kebebasan Terbungkam, Kaum Perempuan Iran Gagas Gerakan Lepas Jilbab

Sang suami, Yury Luzkhov, adalah walikota Moskow yang menjabat selama hampir dua dekade dari 1992 sampai 2010. Menurut Business Insider, Luzkhov dipecat oleh Dmitry Medvedev akibat pengaruhnya yang besar di atas Moscow Mob, kelompok kejahatan terorganisis terbesar di Rusia.

Kabarnya, Vladimir Putin turut mendukung pelengseran Luzkhov. Pasalnya, Putin justru ingin membawa organisasi seperti Moscow Mob ke bawah kendalinya, dan Luzkhov menjadi hambatan.

Baca juga  Luar Biasa, 30 Perempuan Islam Indonesia ini Raih Australia Award

Saat ini, Baturina, suaminya, dan kedua putri mereka, telah meninggalkan Rusia dan bertempat tinggal di London. Forbes melaporkan, ia memiliki invetasi sektor perhotelan dan energi terbarukan.

Baturina adalah satu-satunya miliarder di daftar wanita terkaya Rusia versi Forbes. Wanita terkaya nomor dua setelah Baturina adalah Tatyana Batalchukn dengan harta sebesar USD 600 juta (Rp 9,1 triliun). (lip)

COMMENTS