Viral, Foto Pejuang Palestina di Gaza Disebut Mirip ‘Nabi Daud’

Viral, Foto Pejuang Palestina di Gaza Disebut Mirip ‘Nabi Daud’

JAKARTA, SUARADEWAN.com -- Foto seorang pejuang Palestina di Gaza menjadi viral di media sosial pekan ini. Banyak yang bilang foto pemuda bertelanjang

Kisah Razan Al-Najjar, Relawan Medis Perempuan Palestina yang Ditembak Mati Israel
Umat Islam Indonesia Gelar Aksi 115 ‘Aksi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis’
Pemimpin Dunia Kutuk Kekerasan Militer Israel yang Tewaskan Sedikitnya 58 Orang di Gaza

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Foto seorang pejuang Palestina di Gaza menjadi viral di media sosial pekan ini. Banyak yang bilang foto pemuda bertelanjang dada yang sedang melontarkan batu dari ketapelnya itu mirip Nabi Daud.

Dalam foto karya Mustafa Hassona, fotografer kantor berita Turki Anadolu itu terlihat seorang pemuda Palestina, yang bertelanjang dada dan mengibarkan bendera Palestina, sedang melontarkan batu dari ketapelnya.

Tubuhnya yang atletis dipadu dengan latar belakang asap hitam yang pekat membuat foto itu lebih dramatis.

Baca juga  Ironis! Jamaah Haji Semakin Bertambah Banyak, Israel Semakin Berkuasa

“Ketika Michelangelo berkamera memotret aksi perlawanan Daud terhadap Goliath,” tulis Youssef Munayer, salah satu pejuang kemerdekaan Palestina di Twitter.

Tak hanya membandingkan foto itu dengan karya seniman Italia, para pengguna Twitter juga menemukan kemiripan foto itu dengan lukisan karya Eugène Delacroix bertajuk “Liberty Leading the People” yang menggambarkan revolusi Prancis.

Orang-orang Palestina Gaza sudah menggelar demonstrasi di perbatasan dengan Israel sejak Maret lalu, untuk menentang aksi blokade terhadap Gaza. Aksi protes itu semakin sering digelar setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memindahkan Kedutaan Besar AS ke Yerusalem beberapa bulan lalu.

Baca juga  Komunitas Palestina Indonesia: Kunjungan Wantimpres ke Israel Mengecewakan Rakyat Palestina

Lebih dari 200 warga Palestina tewas ditembak tentara Israel sejak demonstrasi-demonstrasi itu digelar dan satu orang tentara Israel tewas ditembak oleh pejuang Palestina. (Newsweek)

COMMENTS

DISQUS: