oleh

Usai Dilantik Nanti, Anies Baswedan Janji Akan Kelola Toleransi di Ibukota

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan berjanji akan mengelola toleransi antarumat beragama di Ibu Kota. Hal tersebut akan diupayakannya usai dirinya dilantik sebagai pemimpin baru di Jakarta.

“Saya punya tanggung jawab menjaga kebhinnekaan. Ada isu soal identitas dan disparitas. Ini harus diselesaikan secara beriringan sehingga ketika ada perbedaan, mengelolanya mudah,” ujar Anies pada sesi diskusi di Kongres Diaspora Indonesia, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Diakui, kondisi umat beragama sesuai Pilkada 2017 lalu di Jakarta, memang mengendor. Penguatan toleransi inilah yang nanti akan diupayakannya, dan berjanji akan memikul tanggung jawab besar itu agar toleransi segera membaik.

Baca juga  Waspada Ancaman dari dalam, Wiranto: Tumbuhkan Sikap Toleransi

“Secara umum masyarakat Indonesia memiliki sikap toleran, tapi tidak lepas dari masalah. Pilkada adalah pelajaran tentang kebhinekaan tapi sekarang kita semakin lebih dewasa,” ujarnya.

Meski demikian, pengupayaan ini tentu akan sangat sulit diwujudkan dalam waktu dekat. Terlebih bahwa dua tahun ke depan, hal yang sama akan digelar kembali, yakni Pemilu Presiden 2019 di mana di setiap momentumnya selalu saja menyisakan kendornya toleransi di lingkungan masyarakat.

Baca juga  ‘Tweet Jahat’ ala Anies-Sandi

Di samping itu, Anies juga menilai ketimpangan kesejahteraan berpotensi menjadi pemicu utama konflik antarumat beragama. Ia berjanji menghadirkan peluang ekonomi yang sama bagi setiap warga Jakarta.

“Selanjutnya, saya akan hadirkan peluang ekonomi yang sama bagi setiap warga Jakarta,” pungkasnya. (ms)