oleh

Update Virus Corona: 30 Negara Ini Mengkonfirmasi Telah Terjangkit

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Kasus-kasus baru infeksi Virus Corona yang pertama kali terdeteksi muncul di Wuhan-China, telah dilaporkan setiap hari di dunia.

Di Cina daratan, 2.666 orang telah meninggal karena COVID-19, sejak penyakit ini secara resmi diketahui, sementara lebih dari 77.500 infeksi telah dikonfirmasi, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

banner 1280x904

Di luar Cina daratan, ada lebih dari 150 infeksi dilaporkan di lebih dari 30 negara dan wilayah. Organisasi Kesehatan Dunia telah mengumumkan keadaan darurat internasional terkait wabah tersebut. Berikut adalah tempat-tempat yang telah mengkonfirmasi kasus virus corona COVID-19, seperti dikutip Aljazeera.

Afghanistan – 1

Afghanistan mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus pada 24 Februari. Menteri kesehatan masyarakat menyatakan keadaan darurat di provinsi Herat, Afghanistan barat, yang berbatasan dengan Iran.

Australia – 23

Australia telah mengkonfirmasi 22 kasus virus pada 23 Februari, termasuk beberapa penumpang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang, menurut pemerintah Australia.

Belgia – 1

Belgia mengatakan pada 4 Februari, satu dari sembilan warga Belgia yang dipulangkan dari Wuhan telah dites positif terkena virus corona.

Bahrain – 1

Bahrain mengkonfirmasi kasus pertama virus corona pada 24 Februari, yaitu seorang warga yang tiba dari Iran.

Kamboja – 1

Kamboja mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus pada 27 Januari. Menteri Kesehatan Mam Bunheng mengatakan pasien itu adalah warga negara Tiongkok berusia 60 tahun di kota pantai Sihanoukville.

Kanada – 10

Kanada telah mengkonfirmasi sembilan kasus virus korona pada 23 Februari – tiga di provinsi Ontario dan enam di British Columbia.

Cina- 77.234

Pada 23 Februari, total 77.150 orang di Cina dipastikan telah terinfeksi virus, kebanyakan dari mereka di provinsi pusat Hubei. Setidaknya 2.592 orang telah meninggal, kata komisi kesehatan nasional China.

Kota Makau, pusat perjudian yang sangat populer dengan turis, telah mengkonfirmasi 10 kasus. Hong Kong melaporkan kematian keduanya karena penyakit ini pada 19 Februari. Hong Kong memiliki 74 kasus yang dikonfirmasi hingga 23 Februari.

Mesir – 1

Kementerian kesehatan Mesir melaporkan kasus COVID-19 pertama pada 14 Februari. Ini adalah kasus pertama yang diketahui di Afrika.

Finlandia – 1

Seorang turis Cina yang dirawat di rumah sakit untuk tes dikonfirmasi pada 29 Januari sebagai terinfeksi virus corona. Pasien itu dikatakan seorang wanita berusia 32 tahun dari Wuhan.

Perancis – 12

Pada 15 Februari, Perancis melaporkan kematian pertama di Eropa, yaitu seorang turis Cina berusia 80 tahun. Ada 12 kasus yang dikonfirmasi di Perancis, lima di antaranya adalah warga negara Inggris yang berkontak dengan seseorang yang baru-baru ini bepergian ke Singapura. Perancis adalah negara Eropa pertama yang mencatat kasus virus.

Baca juga  Antisipasi Virus Corona, Derby d'Italia Pekan Ini Dipastikan Tanpa Penonton

Jerman – 16

Jerman mendaftarkan 16 kasus yang dikonfirmasi merupakan virus corona pada 23 Februari, mayoritas dari mereka yang terinfeksi berada di negara bagian selatan Bavaria. Hampir semua pasien di Jerman adalah karyawan pemasok onderdil mobil Webasto, yang terinfeksi oleh seorang rekan dari Cina yang menghadiri kursus di Jerman.

India – 3

Pada 3 Februari, kasus positif ketiga dari coronavirus dilaporkan di negara bagian Kerala, India selatan, kata kementerian kesehatan negara itu. Ketiganya adalah siswa yang kembali dari Wuhan, menurut media setempat.

Iran – 43

Otoritas kesehatan Iran melaporkan pada 23 Februari, jumlah kasus yang dikonfirmasi telah meningkat menjadi 43. Keesokan harinya, TV pemerintah melaporkan empat orang lagi meninggal akibat virus itu, sehingga total kematian menjadi 12.

Israel – 1

Pada 21 Februari, Israel melaporkan kasus pertama coronavirus, yaitu seorang wanita yang dievakuasi dari kapal pesiar di Jepang yang dinyatakan positif virus setelah kembali ke negara itu.

Italia – 152

Pada 24 Februari, Italia memiliki 152 kasus yang dikonfirmasi, sebagian besar berpusat di utara negara itu. Empat orang tewas di negara ini.

Jepang – 132 dan 691

Sebanyak 691 orang di kapal pesiar Berlian Princess yang dikarantina berlabuh di Yokohama telah dites positif terkena virus pada 23 Februari. Sementara itu, pasangan lansia yang berada di kapal itu telah meninggal.

Jepang tidak memasukkan orang-orang di kapal sebagai bagian dari penghitungan nasionalnya, sesuai dengan pedoman WHO. Penghitungan nasional Jepang adalah 132, termasuk seorang wanita berusia 80 tahun yang meninggal karena virus.

Kuwait – 3

Kementerian kesehatan Kuwait melaporkan tiga kasus pada 24 Februari, yang pertama di negara itu. Orang-orang yang terinfeksi, termasuk warga negara Saudi, baru-baru ini kembali dari Iran.

Libanon – 1

Kasus pertama coronavirus dikonfirmasi di Lebanon pada 21 Februari setelah seorang wanita yang datang dari Iran dinyatakan positif.

Malaysia – 22

Malaysia memiliki total 22 kasus yang dikonfirmasi pada 23 Februari. Pada 19 Februari, kementerian kesehatan negara itu mengatakan 15 orang telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Nepal – 1

Nepal mengatakan pada 24 Januari, seorang pria berusia 32 tahun yang tiba dari Wuhan telah dites positif terkena virus corona.

Filipina – 3

Pejabat kesehatan Filipina mengkonfirmasi kasus ketiga coronavirus pada 5 Februari. Negara itu juga memiliki kematian pertama akibat coronavirus di luar Cina, yang diumumkan pada 2 Februari.

Baca juga  7 PDP di Palu Dinyatakan Positif Corona, Salah Seorang Diantaranya Diduga Anggota DPRD

Rusia – 2

Rusia melaporkan dua kasus virus corona pada 31 Januari. Kedua pasien, yaitu warga negara Cina – telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Singapura – 89

Singapura memiliki total 89 kasus pada 23 Februari, termasuk 51 orang yang telah pulih dan dipulangkan dari rumah sakit.

Korea Selatan – 833

Korea Selatan mengkonfirmasi jumlah infeksi telah mencapai 833 pada 24 Februari. Sebagian besar kasus telah ditelusuri ke rumah sakit di daerah tenggara Cheongdo dan Daegu, yang dihuni sekitar 2,5 juta orang. Dari jumlah ini, tujuh kematian telah dikonfirmasi.

Spanyol – 2

Pihak berwenang Spanyol mengkonfirmasi kasus kedua virus corona pada 9 Februari, yaitu seorang pria Inggris di Mallorca. Pasien adalah salah satu dari empat anggota keluarga Inggris yang dibawa untuk observasi di pulau itu setelah melakukan kontak dengan seseorang di Perancis yang kemudian didiagnosis dengan virus. Tiga lainnya negatif.

Sri Lanka – 1

Sri Lanka mengkonfirmasi kasus pertama coronavirus pada 27 Januari. Pasien diidentifikasi sebagai wanita Cina berusia 43 tahun dari provinsi Hubei yang telah tiba di Sri Lanka sebagai turis. Dia dirawat di Rumah Sakit Penyakit Menular.

Swedia – 1

Pada 31 Januari, Badan Kesehatan Masyarakat Swedia mengatakan seorang wanita dites positif mengidap coronavirus dan ditahan di rumah sakit di Swedia selatan.

Taiwan – 26

Taiwan memiliki 26 kasus yang dikonfirmasi pada 23 Februari, termasuk seorang pria berusia 61 tahun dengan masalah kesehatan dan meninggal akibat virus corona.

Thailand – 35

Thailand memiliki total 35 kasus yang dikonfirmasi pada 23 Februari.

Uni Emirat Arab – 13

UEA memiliki total 13 kasus yang dikonfirmasi pada 23 Februari. Pada 1 Februari, UEA menjadi negara pertama di Timur Tengah yang mengkonfirmasi kasus virus corona.

Inggris – 13

Inggris mengkonfirmasi empat kasus baru coronavirus di antara orang-orang yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess, sehingga total menjadi 13.

Amerika Serikat – 35

AS telah mengkonfirmasi 35 kasus virus pada 23 Februari. Orang-orang dengan virus corona ini termasuk yang dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang.

Vietnam – 16

Pada 13 Februari, Kementerian Kesehatan mengkonfirmasi kasus coronavirus keenam belas di negara itu. (ti)

Komentar