oleh

Tour de Molvccas 2017 Siap Digelar Sebagai Event Tahunan Pariwisata Maluku

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pemerintah Provinsi Maluku siap menggelar lomba balap sepeda berskala internasional bertajuk Tour de Molvccas (TdM) 2017. Oleh Pemprov Maluku event TdM akan digelar secara rutin dan menjadi event tahunan pariwisata Maluku.

Ini merupakan penyelenggaraan lomba balap sepeda berskala internasional di Provinsi Maluku. Rencananya, lomba balap sepeda ini akan mulai digelar pada 18 September hingga 23 September mendatang.

banner 1280x904

Untuk mendukung penyelenggaraan TdM 2017, Pemerintah Provinsi Maluku telah menyiapkan berbagai infrastruktur, termasuk pembangunan jalan dan jembatan. Sekitar 200 km ruas jalan dan 12 jembatan telah diperbaiki.

“Sebagian besar jalan dan jembatan yang rusak, termasuk jalan di kawasan Taman Nasional Manusela, yang sebagian besar mengalami kerusakan, juga sedang diperbaiki dan dipastikan bisa selesai saat pelaksanaan TdM 2017 mendatang,” tutur Ketua Pelaksana TdM 2017 sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Saimima, kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga  Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Pariwisata, DPR Hadiri Undangan Senat Ceko
Ilustrasi Tour de Molvccas 2017.(dok/Ist)

Baca juga: Imam Arifin Angkat Nama Indonesia di Etape 2 Tour de Flores 2017

Pemerintah Provinsi Maluku telah melakukan pembenahan dan pembangunan di daerah yang akan dilewati lomba itu. Selain itu, sebanyak 42 hotel sudah dipesan dengan minimal 300 kamar yang bisa digunakan setiap hari. Dengan tema ‘Hidden Paradise Awaits You’, TdM 2017 ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Provinsi Maluku untuk mempromosikan sejumlah tempat wisata di Pulau Maluku. Memang, lomba balap sepeda ini akan melintasi sejumlah objek wisata terkenal di Maluku, seperti Pantai Namalutu, Pulau Osi, dan Taman Nasional Manusela.

Rencananya, empat etape akan digelar di Pulau Seram dan etape terakhir akan dilaksanakan di Kota Ambon dalam bentuk balapan mengelilingi Ibukota Provinsi Maluku tersebut. Saimima menambahkan, event balap sepeda internasional ini merupakan event olahraga berbasis pariwisata.

Baca juga  Bekraf Dukung Ekonomi Kreatif sebagai Pilar Baru Ekonomi Indonesia

Lomba balap sepeda berskala internasional ini akan dibagi dalam lima etape dengan total jarak mencapai 713,7 kilometer. TdM 2017 akan melintasi empat kabupaten/kota di Provinsi Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kota Ambon. Secara keseluruhan, lomba balap sepeda ini akan digelar di Pulau Ambon dan Pulau Seram.

Dalam event lomba balap sepeda internasional pertama di Maluku ini, sebanyak 16 tim dari 20 negara akan ikut berpartisipasi. Lima tim lokal dan 11 tim internasional bakal ambil bagian dalam TdM 2017. (REP)

Komentar