Tong Sampah Jadi Polemik, Anies: Diramein Sekalian, Gedein Sekalian

Tong Sampah Jadi Polemik, Anies: Diramein Sekalian, Gedein Sekalian

Pendiri Traveloka Ikut-Ikutan, Warganet Ramai-Ramai Uninstall Aplikasinya
PPJ Minta Polisi Periksa Anies Baswedan Terkait Bantuan Dana “Haram” Ratna Sarumpaet
Dituding Punya Selingkuhan, Anies Baswedan Lapor Polisi

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi pengadaan tong sampah miliaran rupiah dari Jerman yang berpolemik di publik. Ia mempersilakan siapapun menginvestigasinya sebelum meminta klarifikasi terkait informasi yang berkembang dan terkesan menyudutkannya itu.

“Investigatif dulu, masa belum apa-apa sudah klarifikasi. Nanti (saya klarifikasi), biar saja bergulir saja terus,” kata dia di Jakarta, Senin (4/6).

Anies berjanji akan menyampaikan klarifikasinya. Namun, mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini tak menyebutkan kapan. Ia hanya menyatakan akan menginformasikan semuanya menunggu waktu yang tepat.

Baca juga  Agus, Anies dan Sandi Turut Hadir dalam Zikir Bersama Aksi 112

“Lihatlah dulu perkaranya nanti saya jelaskan. Diberitain dulu dah yang ramai sekalian. Diramein Sekalian, Gedein Sekalian,” ujar dia.

Pengadaan tong sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjadi polemik di publik. Sorotan tertuju pada besarnya anggaran pengadaan tong sampah buatan Jerman tersebut. Sebanyak 2.600 tong akan dibeli tahun ini dengan anggaran Rp 9,6 miliar dengan harga satuan sebesar Rp 3,6 juta.

Baca juga  Jual Beli Jabatan di DKI Jakarta Marak Terjadi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji sebelumnya menyebut pengadaan tempat sampah berstandar internasional tersebut sudah ada sejak 2016. Tahun 2016 pengadaan dari Cina sebanyak 296 unit.

Sementara tahun 2017 dari Jerman sebanyak 1.500 unit pada tahun 2017 dengan rincian 1.000 unit dengan ukuran 660 liter dan 500 unit dengan ukuran 120-140 liter. (rep)

COMMENTS