oleh

Tiga Tenaga Medis di Manado Positif Covid-19

MANADO, SUARADEWAN.com — Salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19 adalah tenaga medis. Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut melaporkan, 3 dari 4 kasus baru pasien terkonfirmasi positif pada, Jumat (24/04/2020) adalah tenaga medis.

“Iya, 3 pasien positif Covid-19 yang kami umumkan sehari sebelumnya adalah tenaga medis,” ungkap Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulut dr Steaven Dandel saat video conference, Sabtu (25/04/2020).

banner 1285x856

Dandel mengatakan, berdasarkan penelusuran yang dilakukan, tiga tenaga medis itu terpapar saat sedang melaksanakan tugas medis di lapangan.

“Mereka punya kaitan dengan pasien nomor 1 sampai 33,” ujar Dandel.

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19

Dengan bertambahnya 3 tenaga medis yang positif Covid-19, total sudah 4 orang petugas kesehatan yang terpapar virus ini. Sebelumnya adalah pasien nomor 02, kemudian pasien 34, 35, dan 36.

Baca Juga:  Lambat Bahas APBD-P, DPRD Manado Sebabkan Ribuan THL dan Lansia Menjerit

“Sampai dengan hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tetap seperti kemarin yakni 36 orang,” ujar Dandel.

Rinciannya adalah 7 pasien sembuh, 3 meninggal dunia, 26 masih dirawat di rumah sakit.

Adapun Perkembangan penanganan Covid-19 yang dilaporkan Gugus Tugas Provinsi Sulut juga terkait jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta yang meninggal dunia.

“Hari ini ada 3 PDP yang meninggal dunia di Manado, dan Bolmong Utara,” ujar Dandel.

Yang pertama laki-laki berusia 21 tahun, asal Kabupaten Bolmut yang meninggal di RSUD Kota Kotamobagu. Kemudian di RS Wolter Monginsidi Teling, laki-laki, berusia 44 tahun, asal Manado.

“Dan yang ketiga laki-laki, umur 61 tahun dari Manado meninggal di RSUP Prof Kandou Manado,” ungkapnya.

Dia mengatakan, status PDP untuk 3 pasien itu karena adanya gambaran pneumonia atau radang paru dalam pemeriksaan foto thoraks yang dilakukan.

Baca Juga:  APAS dan Risma Al-Ikhlas Kedoya Utara Gelar Baksos Bantu Warga Terdampak Covid-19

Dengan bertambah 3, maka jumlah total PDP yang meninggal di Sulut 44 orang, dan sudah diambil swab test. Dengan perincian, 31 orang sudah ada hasilnya yakni 3 positif dan 28 negatif.

“Sedangkan sisanya masih menunggu hasil laboratorium,” ujar Dandel.

Untuk jumlah PDP Covid-19 yang masih dalam perawatan sebanyak 63 orang. Rinciannya berdasarkan daerah asal, Manado sebanyak 21 orang, Tomohon (6), Minahasa (6), Minut (8), Bolsel (1), Bitung (6), Minsel (4), Kotamobagu (4) orang, Bolmut 4 orang, Mitra 1 orang, Bolmong (1), dan luar wilayah sebanyak 1 orang. (lip)

Komentar

Berita Lainnya