oleh

Tanpa Gejala, Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo Positif Covid-19

JAKARTA, SUARADEWAN.com —   Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Ratna Dewi Pettalolo dinyatakan positif Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Dalam keterangannya,  Komisioner Bawaslu Mochammad Afifuddin membenarkan kabar yang beredar bahwa Ratna Dewi positif virus corona.  Hasil ini diketahui  setelah Ratna Dewi menjalani tes swab. Ratna Dewi dan salah seorang staf ahli tengah berada di Palu, Sulawesi Tengah untuk Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

banner 1280x904

Mengutip kompas.com, (7/6), Ketua Bawaslu Sulawesi Tengah (Sulteng) Ruslan Husen juga telah mengabarkan dalam keterangan tertulis bahwa Ratna kini tengah menjalani proses perawatan dan isolasi di Rumah Sakit Undata, Palu, Sulawesi Tengah.

Menurut cerita Ruslan, Ratna Dewi dinyatakan positif Covid-19 bersama tiga orang timnya berawal dari pesan berantai di grup Whatsapp atas adanya penambahan 20 orang konfirmasi positif corona pada hari Minggu (7/6) di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.  Dan, “Dari 20 orang tersebut, 16 orang berada di Kota Palu,” ujar Ruslan.

Baca juga  Pilkada 2020 Tanpa Politisasi SARA, Bawaslu: Ada Empat Tantangan

Lebih lanjut dalam keterangan tertulis, Ruslan juga mengatakan, Ratna mengetahui dirinya terinfeksi virus corona setelah menjalani tes swab Covid-19.  Ratna menjalani tes swab untuk mengurus dokumen perjalanan yakni surat kesehatan di Dinas Kesehatan setempat.

Selain Ratna, dua orang staf dan satu orang tenaga ahlinya juga dinyatakan positif Covid-19.

“Mohon doa dan mohon maaf atas segala khilaf dan salah, begitu pesan yang tersebar tersebut,” ujar Ruslan mengingat pesan Whatsapp Ratna yang beredar.

Baca juga  DPR Belum Sepakati Waktu Fit and Proper Test Calon Komisioner KPU dan Bawaslu RI

Sejak beberapa hari lalu, Ratna ada Palu untuk memimpin rapat koordinasi nasional (Rakornas) penindakan pelanggaran secara virtual dari Kantor Bawaslu Kota Palu.

Kini dua anggota Bawaslu Provinsi Sulteng yang terakhir bersama Ratna juga langsung melakukan karantina mandiri di kediaman mereka dan segera menjalani rapid test Covid-19.

Bawaslu juga akan segera melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus di lingkungan kantor Bawaslu Kota Palu. Para staf diminta untuk melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing.

“Malam ini segera disemprot dan melakukan berbagai upaya pencegahan,” kata Kepala Sekretariat Bawaslu Sulteng Anhayanty Sovianita. (kon)

Komentar