oleh

Takut Sial, 10 Mitos Kuno Super Aneh Ini Dipercaya Orang di Korea Selatan

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Manusia adalah makhluk pintar. Dalam kebanyakan waktu, kita percaya pada hal-hal berbauh ilmiah, kita berpikir dengan logika dan berperilaku menggunakan intelektualitas. Namun, terkadang manusia adalah mudah dibodohi.

Contohnya ketika tertimpa sial, sebagian orang memilih untuk percaya pada takhayul atau mitos. Mungkin inilah mengapa tiap budaya memiliki mitos-mitos kuno yang tak lekang oleh waktu dan masih dipercaya hingga saat ini.

Dilansir dari laman Koreaboo, Jumat, 24 April 2020, ini adalah 10 mitos kuno paling populer dan super aneh di Korea Selatan.

Nomor terlarang

Di sejumlah gedung-gedung tua Korea, Kamu tak akan menemukan lantai 4. Gedung-gedung itu sebenarnya punya lantai 4, tapi di lift akan ditandai sebagai lantai 5.

Ini karena dalam mitos Korea, angka 4 berkaitan dengan kematian. Sehingga lantai 4 dianggap membawa sial untuk gedung tersebut.

Tinta merah

Kalau Kamu memberikan pulpen merah ke orang Korea dan meminta tanda tangan, kemungkinan besar permintaanmu akan ditolak. Ini merupakan mitos kuno Korea lainnya.

Di mana menulis atau menandatangani sesuatu dengan nama seseorang menggunakan tinta merah dipercaya akan membawa sial.

Itu karena warna merah dianggap berkaitan dengan kematian. Jadi pakai pulpen bertinta hitam atau biru ya!

Minum soju

Mitos yang satu ini mungkin yang paling baru dan modern dibandingkan yang lainnya. Orang Korea dilarang menuang sendiri minuman alkohol, seperti soju saat ada orang lain yang duduk satu meja dengan mereka.

Baca juga  Asian Games 2018 Jadi Momen Bersejarah Bagi Bangsa Korea

Mereka percaya kalau orang yang menuang minumannya sendiri atau orang yang duduk di seberangnya tak akan bertemu jodoh. Seram banget sih!

Hadiah sepatu

Dalam mitos Korea, memberikan sepatu pada kekasih atau pacar dipercaya bakal membawa sial. Konon, sepatu yang diberikan bisa membawa pasanganmu melangkah menjauh darimu. Hiks.

Sayap ayam

Orang Korea percaya kalau si Dia makan sayap ayam saat berkencan denganmu, dia akan terbang dan pergi dari sisimu. Sayap ayam dipercaya akan menanamkan gairah dalam hati pasanganmu dan membuatnya berselingkuh dan meninggalkanmu. Horor banget!

Cairan jamur

Tahu kan, kalau makan Korean BBQ dan kamu memanggang jamur potobello bakal keluar cairan dari jamur tersebut? Cairan itu akan terkumpul di lubang bagian tengah jamur.

Nah, orang Korea percaya cairan alami jamur ini adalah ramuan kesehatan yang ampuh. Meminum cairan itu diyakini bakal bikin stamina selalu prima.

Kematian karena kipas angin

Yang ini klasik banget nih. Legenda paling misterius adalah mitos tentang kemtian akibat kipas angin di rumah. Banyak orang Korea percaya, tidur dengan kipas angin menyala akan membuatmu meninggal dengan cara mengenaskan.

Baca juga  Dua Korea Resmi Berdamai, Siap Akhiri Perang Tahun Ini

Beberapa berkata, kipas angin akan menyedot seluruh oksigen di rumah dan membuatmu mati tercekik karena tak bisa bernapas. Ada juga yang bilang kipas angin bisa terbakar dan membuat penghuni rumah terbakar hidup-hidup.

Ikan

Ini adalah mitos lain terkait makanan yang misterius. Kalau lagi makan di Korea, Kamu dilarang membalik ikan yang tersaji di piring.

Konon, setiap ikan adalah kapal yang ada di laut. Kalau ikan dibalik, kapal di laut juga akan terbalik dan kehilangan seluruh krunya.

Arwah kru kapal yang meninggal pun akan menghantuimu. Hiiii..

Memotong kuku

Memotong kuku kaki di malam hari dipercaya akan membawa kesialan. Tak ada penjelasannya mengenai hal ini.

Yang pasti, orang Korea percaya, kuku yang Kamu buang bisa dimakan hewan kecil seperti tikus dan hewan itu akan menjadi kembaranmu lalu mencuri identitasmu.

Sup rumput laut

Orang Korea selalu makan miyeok-guk atau sup rumput laut di hari ulang tahun mereka. Namun, ada hari-hari di mana mereka dilarang makan sup itu.

Seperti di hari mereka akan melakukan ujian. Menurut mitos, tekstur rumput laut yang licin akan membawa sial dan membuatmu terpeleset dan gagal mengerjakan ujian. Waduh! (vv)

Komentar