oleh

Syawaluddin Pakpahan, Pelaku Penyerangan Mapolda Sumut Ini Pernah Ikut Jadi Teroris ISIS di Suriah

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Salah satu pelaku penyerangan Markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut), Syawaluddin Pakpahan, ternyata pernah terlibat jadi teroris dan memberontak di Suriah. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto.

“SP itu sudah terpantau oleh kami. Dia pernah bertempur di Suriah beberapa tahun lalu,” terang Setyo di kantornya, Kamis (29/6/2017).

Di rumah kediaman Syawaluddin juga ditemukan gambar bendera ISIS dan buku-buku tentang ISIS. Setya mengatakan, temuan itulah yang menjadi poin penting untuk mengetahui jaringan-jaringan kelompok radikal yang menyerang Mapolda Sumut beberapa waktu lalu.

Baca juga  Cerita Santri 11 Tahun Bergabung ISIS

“Tiga pelaku kemarin sudah dibawa ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan. Untuk memudahkan pemeriksaan, ketiga dibawa ke Markas Korps Brigade Mobil Kelapa Dua, Depok,” tambahnya.

Kini, Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri masih terus mendalami pemeriksaan Syawaluddin Pakpahan, Firmansyah Putra Yudi, dan Boboy. Hasil pemeriksaannya sendiri belum bisa diketahui secara lengkap.

Baca juga  Waspada Penyebaran Terorisme! 91 Orang sudah Masuk DPO Terkait ISIS

“Teman-teman Densus masih bekerja. Artinya, siapapun yang terlibat, siapapun yang terkait dalam kasus ini akan ditindak sesuai hukum yang berlaku,” tegas Setyo.

Adapun pengembannnya nantinya, lanjut Setyo, tak menutup kemungkinan akan ada pelaku lainnya yang ditangkap.

“Ya, apabila terbukti terlibat dan terkait. Masih didalami,” pungkasnya. (ms)