oleh

Syahrini, Fadli Zon dan Fahri Hamzah Disebut dalam Sidang Kasus Suap Pajak

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sidang kasus dugaan suap pajak di Pengadilan Tipikor, Senin (20/3/2017), berhasil mengungkap sejumlah nama yang terkait di dalamnya. Mereka adalah penyanyi Syahrini, dan dua anggota DPR yang masing-masing merupakan Wakil Ketua DPR, yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah.

Awalnya, dalam sidang dengan terdakwa Country Director PT EK Prima Indonesia (EKP) Ramapanicker Rajamohanan Nair ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengungkap surat bukti permulaan wajib pajak yang diterbitkan Kasubdit Bukti Permulaan Penegakan Hukum Ditjen Pajak Handang Soekarno dan ditujukan kepada Direktur Penegakan Hukum.

banner 728x419

Nama Syahrini pun muncul dan diduga telah melakukan tindak pidana tersebut. Dan perkaranya sendiri ditangani langsung oleh Handang yang kini juga didakwa menerima suap dari Rajamohanan.

“Syahrini yang penyanyi itu,” kata Handang saat ditanya oleh anggota tim JPU tentang sosok Syahrini yang ada di surat itu.

Dalam surat tersebut, tercantum nota dinas tentang pemberitahuan informasi tertulis mengenai jumlah pajak yang tidak atau kurang bayar, atau yang tidak seharusnya dikembalikan. Syahrini sendiri disebut menunggak pajak sebesar Rp 900 juta.

Selain itu, seperti disebutkan di awal, surat yang diteken oleh Handang tersebut memuat pula nama dari dua Wakil Ketua DPR, yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Meski demikian, Handang tak menjelaskan lebih lanjut terkait surat itu kepada Jaksa.

“Surat itu tak berkaitan dengan perkara yang didakwakan,” ujar tim penasehat hukum Rajamohanan yang meminta Majelis Hakim untuk menghentikan pembahasan surat itu.

Majelis Hakim pun, yang diketuai oleh John Halasan Butarbutar, setuju dan meminta Jaksa menanyakan hal-hal relevan dengan pokok perkara yang ada. (ms)

Komentar

Berita Lainnya