oleh

Sukses Gelar SAINTEX 2018, HIMA MASPUL Tularkan Daya Inovasi kepada SMA-se Enrekang

ENREKANG, SUARADEWAN.com –  Sekumpulan mahasiswa dari berbagai kampus yang tersebar di Jabodetabek tergabung dalam organisasi HIMA MASPUL (Himpunan Mahasiswa Massenrempulu) sukses melaksanakan salah satu event terbesar di Enrekang yang kemudian diberi nama SAINTEX 2018-Spectacular Innovation and Education Expo 2018), Enrekang, Minggu (28/01/2018).

Acara SAINTEX 2018 sendiri merupakan salah satu agenda terbesar dari HIMA MASPUL yang bertujuan untuk memberikan informasi serta berbagi inspirasi kepada adek-adek SMA di Enrekang. Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan membuka wawasan adek-adek SMA se-derajat terkait potensi diri serta sumber daya yang ada di daerah.

banner 1280x904

Secara keseluruhan acara SAINTEX 2018, terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari Lomba Praktek, Lomba Vlog, Talkshow dan Pameran produk-produk lokal.

Acara ini dilaksanakan selama 2 hari berturut-turut yaitu tanggal 27-28 Januari 2018. Di hari pertama (sabtu, 27 Januari 2018) diisi dengan presentasi peserta yang telah mengumpulkan karya tulis mereka di SMAN 6 Enrekang. Tim yang dinyatakan lolos ke tahapan presentasi adalah tim yang melalui seleksi berkas berupa kelengkapan administrasi dan kesesuaian dengan format penulisan.

Dalam sambutannya ketua panitia Fasrah Arif (Surya University) berharap kegiatan tersebut dapat menjadi ajang bagi siswa SMA untuk belajar, mencari pengalaman, jaringan serta berkompetisi secara adil.

“Harapannya adalah SAINTEX 2018 yang perdana ini mampu memberi kesempatan bagi kalian untuk memperdalam pengetahuan kalian terkait penulisan ilmiah serta menjadi jembatan untuk mengenal dan berkompetisi dengan tim dari sekolah lain,” imbuh Fasrah.

Baca juga  Babak Final MUSDA KNPI Kota Jayapura

Pada kesempatan yang berbeda, Ketua Umum HIMA MASPUL Darwis Embong Bulan dalam sambutannya mendorong siswa SMA untuk tetap berinovasi, mengembangkan potensi diri guna menghadapi era globalisasi serta tantangan menghadapi bonus demografi.

“Ide kalian tetap kembangkan dan jangan pernah berhenti berinovasi, jadilah pemuda penggerak dengan sejuta ide dan gagasan” pungkas Darwis.

Terdapat 9 tim yang presentasi pada hari tersebut. Ide dari tim SMA tersebut sangat mengesankan, mulai dari pembuatan Ice Cream berbahan dasar buah-buahan lokal, semur dari kulit ubi, keripik kopi, pembangkit listrik tenaga bakteri halofilik, dan ide ide lainnya yang tidak kalah mengesankan.

Di hari kedua, merupakan acara puncak yang diisi oleh beberapa rangkaian acara seperti talkshow, pameran produk olahan siswa SMA serta Education Expo.

Acara SAINTEX 2018 dibuka secara resmi oleh Pak Hamsir selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan mendatangkan beberapa pembicara yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Di plenary session 1, acara diisi Pak Asril (Kepala Dinas Pertanian Kab. Enrekang) yang memaparkan materi tentang potensi sumber daya alam di Kab. Enrekang khususnya di bidang pertanian. Selanjutnya, materi tentang peran tenaga pendidik serta akademisi dalam pengembangan SDM di daerah dibawakan oleh Prof. Syamsir Dewang selaku Guru Besar Universitas Hasanuddin. Beliau berpesan kepada adek-adek SMA untuk melanjutkan studi dan meningkatkan kualitas generasi pemuda/i maspul kedepannya.

Baca juga  Tangsel Memanggil, Kilas Balik Aksi Mahasiswa Tolak RUU KPK dan RUU KUHP

Setelah sesi pertama selesai, di sesi berikutnya menghadirkan Muh Fadhil Albab (Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UI) untuk berbagi kepada siswa SMA terkait pengalamannya selama kuliah di Universitas Indonesia. Setelah itu, Pak Asbar, M.Hum, M.Pd peraih 2 gelar master di dua kampus berbeda (Unhas dan UNM) menyampaikan kiat-kiatnya dalam menjalani dunia kemahasiswaan dan harapan kepada siswa SMA untuk jangan pernah menyerah mengejar mimpinya.

Acara SAINTEX 2018 ini dihadiri sekitar 300 siswa/i se-Kab. Enrekang dan sukses meninggalkan animo yang luar biasa dikalangan siswa/i. Beberapa siswa sangat antusias dan berharap kegiatan tersebut tetap dilaksanakan tiap tahun.

Memasuki penghujung kegiatan, dewan juri mengumumkan pemenang tiap lomba praktik dan lomba Vlog SAINTEX 2018. Juara satu dalam acara tersebut diperoleh oleh Tim dari SMAN 6 Enrekang yang diketuai oleh Rizky Aulia dan berhak mendapatkan tropi, piagam penghargaan serta uang tunai sebesar 1,5 juta rupiah. Juara 2 diperoleh siswi-siswi dari SMAN 10 Enrekang dan uang tunai 1 juta rupiah.

Selanjutnya, Juara 3 bersama (memiliki poin yang sama) yaitu SMAN 6 Enrekang dan SMAN 1 Enrekang masing-masing mendapatkan uang tunai 500rb. Sedangkan, juara lomba Vlog berhasil diperoleh oleh siswi-siswi yang diketuai Nurhani Supardi dari SMAN 6 Enrekang.

Komentar