oleh

Stay at Home, Berikut Film Tentang Pandemi Untuk Hiburan Akhir Pekan

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Mulai dari teror ‘virus zombie’ hingga virus yang tidak sengaja terbawa pulang dari perjalanan bisnis. Berikut film tentang pandemi yang bisa dijadikan hiburan ketika harus membatasi aktivitas di luar ruangan.

Mewabahnya virus corona membuat banyak orang terpaksa membatasi aktivitas. Sosialisasi dan pergi ke tempat-tempat hiburan juga terpaksa dikurangi untuk membatasi kontak. Tidak heran jika banyak orang kemudian mencari hiburan di dalam rumah, salah satunya dengan menonton film, baik lewat DVD maupun layanan streaming.

Bila Anda belum jenuh mendengar berita seputar penyebaran wabah dalam beberapa bulan belakangan, mungkin Anda juga tertarik menonton film-film bertema penyebaran virus yang mengancam penduduk dunia.

Lalu, untuk memuaskan rasa penasaran terkait teori konspirasi, dalam beberapa film juga diceritakan keterlibatan agen rahasia asing dan proyek-proyek rahasia lainnya yang mengakibatkan bencana. Tapi jangan lupa ya, setelah film usai, segera kembali ke kenyataan, karena film-film berikut hanyalah fiksi.

Contagion (2011)

Bisa dibilang bahwa film yang paling mirip dengan penyebaran wabah corona saat ini adalah film Contagion. Film ini bercerita tentang seorang ibu dua anak bernama Beth Emhoff yang diperankan oleh Gwyneth Paltrow. Beth baru saja pulang dari perjalanan bisnis di Hong Kong. Di sana, ia sempat bersosialisasi dengan rekan kerja setempat. Setelah urusan bisnis selesai, Beth pulang ke keluarganya di Amerika Serikat. Namun sayangnya, tanpa disadari ia juga membawa pulang virus mematikan.

Beth dan seorang anaknya kemudian meninggal. Virus pun dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Dokter dan para ilmuwan lalu sibuk mencari tahu jenis virus mematikan ini dan berusaha menemukan vaksinnya di tengah eskalasi kepanikan masyarakat.

Memang, film Hollywood seringnya dramatis dan menguras emosi. Namun dalam film ini terdapat potongan gambar yang bisa juga membuat merinding karena mengingatkan penontonnya pada keadaan yang terjadi saat ini. Bandara-bandara sepi, orang-orang panik dan kota-kota seolah mati.

Pada saat film dirilis, Laurie Garrett yang merupakan konsultan film ini dan juga penulis buku berjudul The Coming Plague mengatakan bahwa alur cerita film ini “sebagian adalah fantasi, sebagian realitas dan sangat mungkin terjadi,” ujarnya seperti dikutip dari CNN.

Baca juga  Artis India Sebut Adzan dengan Pengeras Suara sebagai Pemaksaan Religiusitas

Outbreak (1995)

Film Outbreak bertabur bintang seperti Morgan Freeman, Patrick Dempsey – yang saat itu terlihat masih sangat muda, Dustin Hoffman dan Rene Russo. Ini adalah film klasik tentang penyebaran wabah penyakit yang dibawa oleh seekor monyet dari Republik Demokratis Congo yang pada saat film dibuat masih bernama Zaire ke Amerika Serikat. Dengan mewabahnya virus corona, jumlah penonton film Outbreak yang bisa dilihat di saluran Netflix ini dikabarkan kembali meningkat berkali lipat.

Seekor monyet capuchin berkepala putih yang menjadi pembawa virus mematikan, diambil dari habitat asalnya di Congo ke sebuah penampungan di Amerika Serikat. Namun monyet itu kemudian diselundupkan keluar dari fasilitas penampungan oleh James ‘Jimbo’ Scott yang diperankan oleh Patrick Dempsey untuk dijual.

Dari sini bencana dimulai. Virus menyebar dari monyet itu ke orang-orang yang berkontak dengannya. Kemudian terus menyebar hingga akhirnya penduduk di sebuah kota harus dikarantina di rumah masing-masing.

Dokter yang bekerja untuk militer AS pun berpacu dengan waktu untuk menemukan asal virus dan membuat vaksin. Dalam film ini, penonton juga disuguhi adegan apik berupa kejar-kejaran antara helikopter protagonis dan antagonis.

Train to Busan (2016)

Wabah yang menyerang penduduk kali ini adalah wabah zombie. Virus zombie yang menular lewat gigitan ini menyebar cepat di Korea Selatan. Film yang sempat sangat populer di Indonesia ini bercerita tentang seorang ayah yang gila kerja bernama Sok-woo yang membawa putrinya naik kereta ke Busan dari Seoul.

Namun sayangnya, di kereta yang mereka tumpangi ada zombie yang menebar ketakutan dan menginfeksi para penumpang. Di luar kereta keadaan juga tidak lebih baik. Berita yang beredar melalui televisi mengabarkan kekacauan di seluruh negeri dan wabah ‘virus zombie’ yang mengancam. Para penumpang yang masih berupa manusia berupaya keras mencapai Busan, kota yang masih relatif aman dari serangan zombie.

Baca juga  Tips Bugar 20 Selebriti dengan Tubuh Terseksi

The Flu (2013)

Film ini menceritakan tentang sekelompok imigran gelap yang diseludupkan sampai ke Korea Selatan dengan menggunakan kontainer. Di dalam kontainer pengiriman tersebut ada satu imigran yang membawa virus menular yang sangat mematikan.

Saat dua orang pergi membuka kontainer tersebut untuk mereka menemukan semua imigran telah mati kecuali satu orang. Dalam waktu 36 jam ribuan orang terinfeksi virus yang mematikan tersebut.

Sampai di sebuah pinggiran kota, seorang petugas pemadam kebakaran bernama Kang Ji Koo menjadi salah satu yang di karantina. Bersama dengan Dr. Kim In Hae yang juga berada di sana, mereka bekerja sama untuk menemukan obat dari virus tersebut.

World War Z (2013)

Masih bertema penyebaran virus zombie, World War Z adalah film adaptasi dari novel horor dengan judul yang sama. Virus yang mengubah orang menjadi zombie merebak di kota Philadelphia, AS, dan dalam waktu singkat mewabah ke seluruh dunia. Vaksin antizombie juga belum ditemukan hingga diketahui sumber penyakitnya.

Mantan karyawan PBB Gerry Lane yang diperankan oleh Brad Pitt sedang berada dalam kendaraan bersama istri dan kedua anak mereka ketika tiba-tiba keadaan berubah menjadi kacau. Gerry Lane dan keluarganya berhasil diselamatkan menggunakan helikopter. Gerry Lane kemudian diberi tahu bahwa telah terjadi sebuah pandemi dan bantuannya diperlukan agar bisa menghentikan kekacauan ini.

Jumlah penduduk dunia yang terinfeksi virus zombie telah mencapai miliaran orang dalam waktu singkat. Gerry Lane harus terbang ke berbagai tempat di dunia dan berpacu melawan waktu untuk menemukan vaksin. Dalam film ini ada juga keterlibatan agen rahasia dari berbagai negara seperti Mossad dan CIA yang menjadi bagian dari upaya pencarian vaksin.

Para protagonis dalam film tersebut melakukan berbagai upaya yang membahayakan nyawa, baik untuk menemukan vaksin maupun menyelamatkan diri. Semua dilakukan agar umat manusia selamat dan kembali memiliki harapan. Nah, selamat menikmati waktu akhir pekan dan tetaplah sehat! (dw)

Komentar