oleh

Soal Larangan Pemilikan Tanah Bagi Warga Keturunan di Yogyakarta: Yang Berjuang dan Yang ‘Nrimo’

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com — Dua putusan pengadilan, surat untuk dua presiden serta dua rekomendasi badan negara telah diketok dan diteken. Warga keturunan, terutama dari etnis Cina dan India, tetap tidak berhak memiliki tanah di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Saya sudah tahu konsekuensinya, tapi saya merasa aturan ini tidak benar,” Handoko mengutarakan hal itu menggebu-gebu saat saya temui di kantornya.

Handoko adalah seorang warga Yogyakarta keturunan Cina yang sedang memperjuangkan kesetetaraan ihwal pemilikan tanah di provinsi itu.

“Di Jakarta, gubernur digugat dan bisa masuk penjara. Di sini sepertinya berat sekali. Kalau kita tahu kejahatan, tapi diam saja, siapa yang mau berjuang?” katanya.

Tanah dan bangunan di mana Handoko berpraktek sebagai advokat itu milik keluarganya, namun tanpa sertifikat hak milik (SHM), melainkan akta hak guna bangunan (HGB).

Badan Pertahanan Nasional (BPN) Yogyakarta menggolongkan Handoko dan keluarganya sebagai keturunan Tionghoa alias nonpribumi, istilah yang dihapus oleh UU 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Sebelumnya, Instruksi Presiden 26/1998 lebih dulu melarang pejabat negara menggunakan istilah pribumi dalam perumusan kebijakan pemerintah.Handoko adalah satu dari sedikit keturunan Tionghoa yang secara terang-terangan mempersoalkan larangan warga keturunan mempunyai tanah di Yogyakarta.

Handoko bukan orang pertama yang menggugat Instruksi Wakil Kepala Daerah DIY tahun 1975 tentang penyeragaman kebijakan pemberian hak atas tanah kepada WNI nonpribumi.

Ia memperkarakan aturan itu ke Mahkamah Agung dan Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dua upaya hukum tersebut gagal.

Pada tahun 2001, pengusaha Tionghoa bernama Budi Setyagraha lebih dulu memperkarakan larangan itu. Upayanya juga ditolak Mahkamah Agung.

Sejumlah warga keturunan Tionghoa menolak diwawancara perihal larangan memiliki tanah. Ada yang bersedia, tapi tak ingin identitasnya disebut. Alasan mereka dari soal keamanan pribadi atau keluarga hingga masa depan jabatan dan usaha.

“Mempertimbangkan posisi saya di berbagai lembaga, terlalu berisiko bagi lembaga yang saya pimpin bila saya menjadi narasumber,” demikian salah satu jawaban saya terima.

Ada pula yang berkata, “keluarga saya tidak mau jadi narasumber untuk hal seperti ini karena nanti bisa terkait banyak hal.”

Konsekuensi yang disebut Handoko memang bukan isapan jempol. Awal Maret lalu ratusan orang dari Aliansi Rakyat Jogja Anti Persamaan Hak Atas Tanah berniat mengusirnya keluar dari provinsi itu.

Ancaman dilontarkan Kanjeng Raden Tumenggung Purbokusumo alias Romo Acun. Sejumlah media mengatribusinya sebagai kerabat sekaligus kepala keamanan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pengusiran semacam itu pernah dilakukan terhadap penulis sekaligus pengajar Universitas Sanata Dharma, George Aditjondro, Desember 2011, yang melontarkan perkataan kontroversial tentang kraton.

Terusir dari Jogja meski telah meminta maaf kepada Kraton, George menjadi tuna wisma sebelum akhirnya meninggal di Palu karena sakit.

Baca juga  Wakil Ketua PBNU: Pancasila dan UUD 45 Representasi Syariat Islam

Handoko akhirnya memang tidak dipaksa meninggalkan Jogja. Namun keberanian Handoko tak kuasa diimbangi istrinya yang memilih memboyong anak mereka untuk menetap di Jakarta.

“Kami berpisah sementara. Melihat intoleransi ini, dia malas tinggal di Jogja bersama saya. Tidak apa-apa,” kata Handoko.

Teman-teman Sultan

Siput Lokasari bukan figur yang tak dikenal publik. Pengusaha tionghoa ini pernah mencak-mencak dalam sidang DPR dalam status nasabah korban skandal Bank Century.

Rumah Siput mentereng di kawasan Godean, Kabupaten Sleman. Ia mengaku berada di lingkaran utama pergaulan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwana (HB) X dan kerabat kraton lainnya.

Siput mengklaim terdampak larangan warga keturunan memiliki tanah, meski asetnya tersebar di beberapa wilayah di Jogja, baik yang beralaskan hak milik atau sekedar HGB.

“Saya pernah minta tolong ke Tjia Eddy Susanto. Saya minta dipertemukan dengan gubernur. Saya ingin tahu motivasinya (mempertahankan larangan itu),” tutur Siput.

Tjia Eddy Susanto adalah taipan Tionghoa, pemimpin PT Putra Mataram Mitra Sejahtera yang mengelola Plaza Ambarukmo dan PT Mataram Indah Wisata yang menaungi hotel bintang lima Royal Ambarukmo.

Pusat perbelanjaan dan hotel itu berdiri di tanah Kraton alias Sultan Ground. Selain rekan bisnis, Siput menyebut Eddy Susanto dan Sultan HB X juga teman di lapangan golf.

Namun Siput tak kunjung bertemu HB X, meski ia juga pernah melobi sang gubernur melalui Heri Dendi, budayawan Jogja.

September 2016, Siput berinisiatif menyerahkan surat somasi untuk HB X ke kantor Gubernur DIY. Ia datang bersama Willie Sebastian, pimpinan sebuah perguruan taekwondo di Kalasan, Sleman.

Namun mereka pulang dengan tangan hampa. Siput hanya sempat berkomunikasi melalui aplikasi pesan singkat dengan adik-adik HB X, antara lain GPBH Prabukusuma dan KGPH Hadiwinoto.

Siput beberapa kali mengirimkan pesan bernada kritik dan sindiran soal larangan warga keturunan memiliki tanah kepada Prabu dan Hadi, walau sebagian tak mendapat tanggapan atau ditanggapi sinis.

“Saya selalu berusaha lewat jalur personal. Saya memposisikan diri sebagai warga. Kalau ada persoalan, saya wajib bertemu dan gubernur menerima saya, daripada terjadi miskomunikasi. Tapi selalu tidak pernah bertemu,” kata Siput.

Kondisi sosial dan finansial Willie berbeda dengan Siput. Rumahnya lawas meski terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Jogja dengan Klaten.

Wille tak mengenal apalagi bermain golf dengan Sultan HB X. Toko yang ditempatinya pasca penggusuran tahun 2002 berada kurang dari satu kilometer dari Candi Prambanan, dengan sertifikat HGB.

Toko itu, kata Willie, berada di atas tanah ganti rugi yang diberikan Pemkab Sleman. Saat proses pengurusan sertifikat, Willie baru mafhum soal larangan warga keturunan memiliki SHM.

Baca juga  Dr. Zuly Qodir: Membubarkan HTI Tak Sama dengan Menindas Umat Islam

“Saya dipanggil petugas BPN Sleman, dia katakan, ‘Maaf, Pak Willie warga nonpribumi, jadi tidak bisa punya hak milik atas tanah.’ Saya sempat membantah. Menurut konstitusi, kita hanya mengenal WNI dan WNA,” ujarnya.

“Kalau bapak tidak terima, silakan gugat di pengadilan,” kata Wille mengulang jawaban yang ia terima kala itu.

“Saya tidak punya daya dan akhirnya saya melepas hak milik itu. Saya tidak tandatangan dokumen, dicabut begitu saja,” ucapnya.

Tiga tahun sebelumnya, Willie mendapatkan SHM atas rumah yang ditempatinya dengan istri dan tiga anaknya. Ia tak pernah mendapatkan jawaban persis mengapa aturan itu berbalik 180 derajat setelahnya.

“Di surat pelepasan hak milik, saya disuruh menandatangani pernyataan sukarela mengembalikan tanah ke negara. Lalu kami harus memohon pinjaman tanah dari negara dan membayar uang sewa,” tuturnya.

Willie berspekulasi, petugas BPN menentukan seseorang sebagai keturunan berdasarkan wajah semata. Ia berkata, tak ada satupun istilah Tionghoa dalam akta kependudukannya.

Faktanya, sebelum pengesahan UU 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan, setiap akta kelahiran anak dari keluarga Tionghoa tercantum tulisan Staatsblad 1917.

Siapa pun yang pada akta kelahirannya tercantum beleid era Hindia Belanda itu akan dianggap sebagai warga Tionghoa.

Sia-sia?

Apakah suara Handoko, Siput, dan Willie cukup nyaring di tengah mayoritas warga Tionghoa Jogja yang memilih bungkam?

Budi Dharmawan, fotografer sekaligus penulis lepas keturunan Tionghoa di Jogja, menyebut sebagian anggota komunitasnya memilih mengakali situasi dibandingkan berpolemik.

“Banyak yang mencari cara memainkan peraturan, pakai tipu-tipu sedikit. Itu jamak. Ada yang mengaku bukan WNI keturunan,” ujarnya.

Opsi itu menurut Budi wajar. Ia berkata, hak kepemilikan atas tanah vital karena menyangkut kebutuhan dasar.

Lebih dari itu, Budi mengaku sangat jarang mendengar warga Tionghoa Jogja memperbincangkan larangan itu. “Komunitas ini memang tertutup,” kata dia.

Willie Sebastian menyebut sebagian koleganya menganggap sikap kritis terhadap larangan tersebut akan bertepuk sebelah tangan. “Itu adalah suara terbesar.”

Mbok wes terima wae, angger ijih iso urip nang Jogja (Sudahlah terima saja, yang penting masih bisa hidup di Jogja). Bisa dagang. Mereka selalu berkata seperti itu,” ujar Willie.

Handoko pun menyadari pesimisme yang sama. Ia berkata, beberapa kawannya khawatir konflik rasial yang menarget warga Tionghoa dapat kembali muncul seiring gugatannya.

Namun Handoko berkeras. “Yang penting saya sudah berusaha, tidak seperti orang yang ngedumel tapi tidak berbuat apa-apa.”

“Kalau tidak mau berjuang, silakan. Kepalamu akan diinjak selamanya. Saya bukan model orang seperti itu,” ucapnya.

Next

Next