oleh

SMK 1 Perguruan Cikini Gelar Lomba Paskibra, Berikut Rentetan Acaranya

banner-300x250

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Cikini Variation Trophy (CIVAT’S) season 4 kembali digelar di SMK 1 Perguruan Cikini, lomba yang mengembangkan bakat dan kreatifitas anggota Paskibra ini menampilkan dua jenis lomba yang berbeda sesuai dengan tingkatan sekolah yakni Lomba Variasi Baris-Berbaris ditingkat SMP, dan lomba Kreasi Formasi Pengibaran Bendera di tingkat SMA.

Menurut Ketua Alumni SMK Perguruan Cikini, Abdulllah Hamzah, ada perbedaan dari perlombaan Civat’s season 4 kali ini karena bukan hanya memperebutkan Piala Bergilir Paskibra SMK 1 Perguruan Cikini tapi juga memperebutkan Piala Bergilir Gubernur DKI Jakarta.

“Alhamdulillah, yang daftar pesertanya membludak, untuk tingkat SMA sudah ada 18 dan tingkat SMP sudah memenuhi Quota 20 peserta. Jika sebelumnya yang diperebutkan adalah Piala Bergilir Perguruan Cikini, namun kali ini ada tambahan juga untuk mendapatkan Piala Bergilir Gubernur,” pungkas Hamzah yang juga merupakan pelatih pertama di SMK Perguruan  Cikini, saat di wawancara suaradewan.com seusai melakukan technical meeting, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (16/02).

Abdullah Hamzah (Ketua Alumni SMK Perguruan Cikini, Pelatih Paskibra Pertama, dan Pengurus BAKORPAS JU)

Lomba yang mengangkat tema “Lestarikan Budaya Bangsa Lewat Paskibra,” setidaknya ingin memberikan semangat pada siswa-siswa bahwa organisasi Paskibra harus mulai kembali bangkit. Badan Koordinasi Paskibra Jakarta Utara (BAKORPAS JU) memiliki harapan besar dari terselenggaranya kegiatan ini, hal itu karena ingin mendidik, membina, mengembangkan Paskibra lebih luas lagi.

“Dengan adanya lomba seperti ini, harapan kami adalah membentuk generasi muda yang percaya diri agar cepat berkembang, dan mengeluarkan bibit Paskibra mencapai ke level nasional,” kata Hamzah yang juga selaku BAKORPAS JU.

Dalam technical meeting, hadir juga Suku Dinas Pemuda Dan Olahraga Walikota Jakarta  Utara, Ernawati. Dia menyambut baik dengan adanya lomba seperti ini, meskipun begitu, Erna meyakinkan kepada siswa-siswa agar tak hanya ikut-ikutan, tapi mereka harus focus di dunia Paskibra.

“Kembangkan potensi Paskibra, jangan ikut-ikutan. Karena kalau habis dari paskibra itu bisa jadi apa saja, bisa jadi TNI, pegawai daerah yg terpenting bisa dikembangkan menjadi dunia kerja. Makanya harus difokuskan dari sekarang menjadi Paskibraka, tugas kami agar kalian semua bisa berkarier di tingkat nasional,” ucap Ernawati saat menyampaikan sambutan di technical meeting, Rawa Badak, Koja, Jakarta Utara, Minggu (16/02).

Sebagai info, bahwa pembukaan lomba akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Adapun rentetan acara yang akan dilaksanakan yaitu:

  1. Tanggal 29 Februari 2020 adalah upacara Apel Pembukaan Peserta Lomba tingkat SMP dan SMA
  2. Tanggal 1 Maret 2020 adalah Lomba Kreasi Formasi Pengibaran Bendera Tingkat SMA se-DKI Jakarta
  3. Tanggal 8 Maret 2020 adalah lomba Variasi Baris-Berbaris tingkat SMP Se-Jabodetabek
  4. Tanggal 8 Maret 2020 adalah Pembagian Piala/Trophy Lomba tingkat SMP dan SMA