oleh

Slogan Baru Bawaslu RI, Demi Tegakkan Keadilan Pemilu

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Bawaslu RI munculkan slogan baru, yakni “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu,” yang diklaim sebagai sesuatu hal yang baru di Bawaslu RI. Hal tersebut disampaikan dalam konferensi pers Peluncuran Gerakan Awasi Coklit di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Adapun Gerakan Awasi Coklit ini nantinya akan merekomendasikan kepada KPU untuk melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) dengan mempertimbangkan waktu yang tepat.

banner 1280x904

“Jadi, pada saat coklit dilakukan, panitia harus menjumpai seluruh anggota keluarga di rumahnya,” jelas Afif Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi dalam konferensi pers di Kantor Bawaslu, Selasa (16/1).

Afif melanjutkan, KPU menurutnya harus memperhatikan sejumlah pemilih yang potensial tidak sedang berada di rumah. Dan mempertimbangkan waktu saat seluruh anggota keluarga tersebut ada di rumah yang dilakukan PPDP nantinya saat melakukan Coklit.

Baca juga  Penambahan Komisioner KPU-Bawaslu Menghamburkan Keuangan Negara
suasana konferensi pers di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Selasa (16/01/2018)

Adapun pertimbangan lainnya adalah masalah umur yang perlu diperhatikan KPU nantinya. “Petugas tidak hanya melihat dan mendata berdasarkan umur, tapi juga status pernikahan,” lanjut Afif.

Ketua Bawaslu RI Abhan menjelaskan, Gerakan Awasi Coklit ini akan menjadi momentum kepada masyarakat guna terlibat dalam mengawasi pencocokan dan penelitian (coklit) agar memastikan persoalan DPT tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Abhan mengatakan dari pemilu ke pemilu persoalan DPT ini terus menjadi masalah yang sangat panjang. “Kita kawal dan awasi dari awal. Kami berharap dengan gerakan ayo awasi coklit, masyarakat aktif untuk memastikan dirinya dicoklit oleh petugas dari KPU,” jelas Abhan.

Baca juga  BBHA Pusat PDI-P Temukan Sejumlah Pelanggaran KPPS di Pilkada DKI 2017

Senada dengan hal diatas, Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo mengungkapkan, masyarakat akan menjadi garda terdepan agar memastikan seluruh masyarakat yang terdaftar sebagai pemilih tercoklit oleh petugas dari KPU.

“Bawaslu bersama rakyat akan pastikan seluruh warga negara Indonesia yang terdaftar sebagai pemilih bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada nanti,” kata Dewi. Bawaslu RI, lanjut Dewi, akan gandeng masyarakat secara luas dalam mengawasi seluruh tahapan Pilkada termasuk tahapan Coklit nanti. (aw)

(sumber berita : Humas Bawaslu RI)

Komentar