oleh

Shalat Menghadap Timur Hebohkan Warga Garut

banner-300x250

GARUT, SUARADEWAN.com – Seorang warga di desa Tegal Gede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, Jawa Barat bernama Wawan Setiawan membuat sebuah surat yang kemudian membuat warga setempat jadi heboh.

Isi surat pria yang mengaku sebagai jenderal di Negara Islam Indonesia (NII) pimpinan Presiden NII Sensen Komara, terpidana vonis kurungan rumah sakit, tentang perintah shalat menghadap ke timur.

Menurut Kapolsek Pakenjeng AKP Taka Supanta dalam keterannya, surat yang dibuat Wawan semacam surat permintaan izin kepada aparat desa untuk melakukan ibadah dengan cara berbeda dari yang lazimnya dilakukan oleh umat islam.

Karena dianggap menyimpang dari ajaran islam, lanjut Taka, pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pakenjeng kemudian memanggil Wawan untuk diberi pemahaman tentang ketentuan shalat yang dibenarkan dalam islam.

“Sudah dikonsultasikan dengan para ulama dan diberikan pemahaman kepada Wawan bahwa permintaan surat itu sudah salah kaprah,” ungkap Taka, Jumat (24/3/17).

Taka memastikan bahwa saat ini wilayah Pakenjeng tetap kondusif pasca kejadian tersebut. “tak ada riak-riak akan adanya insiden yang mengarah ke makar,” pungkasnya. (DD)