oleh

Setelah Uji Fit dan Proper Test, Komisi III DPR Loloskan Lima Calon Hakim Agung

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Lima calon Hakim Agung telah ditetapkan komisi III DPR. Keputusan tersebut setelah dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di Gedung Senayan, Jakarta, Rabu (13/9) malam.

“Lima-limanya kita ambil keputusan secara aklamasi dengan pertimbangan bahwa memang kamar-kamar hakim minim sekali,” kata Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo.

banner 1280x904

Adapun kelima orang itu adalah Gazalba Saleh (Kamar pidana), Muhammad Yunus Wahab (Kamar Perdata), Yasardin (Kamar Agama), Yodi Martono Wahyudi (Kamar Tata Usaha Negara) dan Hidayat Manao (Kamar Militer).

Baca juga  Seleksi Hakim MA, Liza Farihah : Jumlah Hakim Sekarang Sudah Proporsional

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, Komisi III DPR bisa memaklumi adanya kekurangan dari jawaban sejumlah calon hakim agung atas pertanyaan anggota DPR. “Kita pahami di MA dengan baik dan menghindari perbuatan tercela,” ucapnya.

Baca juga  Seleksi Hakim MA, Liza Farihah : Jumlah Hakim Sekarang Sudah Proporsional

Adapun, hasil uji kelayakan pada hari Rabu kemarin akan dilaporkan dalam rapat paripurna DPR pekan depan. Komisi III DPR pun berpesan kepada mereka yang terpilih agar tidak menodai MA dengan berbuat korupsi. (aw/si)

Komentar