Serap Aspirasi Konstituen, Anggota DPRD Sinjai: Kami Bukan Eksekutor, Tapi Akan Berjuang Semaksimal MungkinKegiatan Reses Anggota DPRD Sinjai, Andi Abrachman (31/1)

Serap Aspirasi Konstituen, Anggota DPRD Sinjai: Kami Bukan Eksekutor, Tapi Akan Berjuang Semaksimal Mungkin

SINJAI, SUARADEWAN.com -- Sejumlah Anggota DPRD Sinjai Periode 2019-2024, menggelar kegiatan Reses atau temu konstituen di daerah pemilihan masing-mas

30 Anggota DPRD Sinjai Resmi Dilantik, Ini Nama-namanya
Resmi Dilantik, Aktualisasi Peran dan Fungsi 30 Anggota DPRD Sinjai Dinanti Rakyat
Reses Perdana, Anggota DPRD Sinjai Serentak Turun Dapil Serap Aspirasi Konstituen

SINJAI, SUARADEWAN.com — Sejumlah Anggota DPRD Sinjai Periode 2019-2024, menggelar kegiatan Reses atau temu konstituen di daerah pemilihan masing-masing yang teragendakan dari tanggal 29 Januari sampai dengan 1 Februari 2020.

Kegiatan reses yang sejatinya untuk menyerap, menghimpun dan mendengar keluhan dan aspirasi masyarakat di daerah pemilihan, dijadikan sebagai bahan pertimbangan masyarakat untuk kemudian dilanjutkan pada pembahasan dalam sidang-sidang di dewan dengan pihak eksekutif sebagai eksekutor pelaksana program-program yang bersentuhan langsung dengan hajat hidup masyarakat khususnya di Kabupaten Sinjai.

Dalam kegiatan reses yang terlaksana, diantaranya yang dilaksanakan oleh Anggota DPRD Sinjai Andi Jusman (F-Nasdem, Dapil III) di Desa Talle dan Desa Bulukamase, Kecamatan Sinjai Selatan. Andi Jusman menjaring aspirasi masyarakat setempat dengan berbagai usulan masyarakat terkait infrastruktur seperti bantuan di bidang pertanian, perbaikan infrastruktur Jalan, pengadaan jaringan Listrik PLN dan lainnya.

Dalam mendengar aspirasi tersebut, Andi Jusman menyampaikan bahwa sebagai Anggota DPRD memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Dan terhadap aspirasi yang disampaikan akan menjadi bahan masukan untuk diperjuangkan dalam pembahasan-pembahasan antara legislatif dan eksekutif.

Baca juga  Reses Perdana, Anggota DPRD Sinjai Serentak Turun Dapil Serap Aspirasi Konstituen

“Kita bukan penentu kebijakan, tapi saya akan berusaha untuk bagaimana aspirasi-aspirasi masyarakat bisa direalisasikan, sudah menjadi kewajiban untuk mendengar dan menyerap aspirasi kemudian mengawal usulan yang ada”, jelas Andi Jusman (31/1).

Kegiatan Reses Anggota DPRD Sinjai, Zainal Abidin Hasnur (1/2)

Senada dengan Andi Jusman, Anggota DPRD Sinjai, Zainal Abidin Hasnur (F-PKB, Dapil IV) yang melaksanakan reses di Dusun Itangesso, Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Sabtu (1/2/2020) juga mengatakan akan menindaklanjuti apa yang menjadi usulan masyarakat khususnya di daerah pemilihannya. Sejumlah Aspirasi akan dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD Sinjai untuk disampaikan kembali ke Pemkab Sinjai.

“Kita akan sampaikan nanti semua usulan masyarakat ke OPD pada forum OPD maupun acara Musrenbang di tingkat Kecamatan. Intinya Inshaa Allah kita akan prioritaskan yang mana yang menjadi kebutuhan mendesak masyarakat,” kata Zainal Abidin Hasnur, (1/2).

Anggota DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa (F-Gerindra, Dapil IV) juga menyampaikan komitmennya memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya di daerah pemilihannya Sinjai Tengah-Sinjai Barat.

Kegiatan Reses Anggota DPRD Sinjai, Fachriandi Matoa (1/2)

“Sebagai wakil rakyat yang dipilih dari rakyat dan untuk rakyat, sudah semestinya saya memperjuangkan aspirasi masyarakat di bawah,” ujar Fachriandi di hadapan masyarakat Desa Bonto Salama, Kecamatan Sinjai Barat, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga  30 Anggota DPRD Sinjai Resmi Dilantik, Ini Nama-namanya

Fachriandi juga menyampaikan bahwa apa yang menjadi hasil reses yang digelar akan di tampung dan dituangkan dalam pokok-pokok pikiran DPRD yang selanjutnya akan diteruskan kepada Pemkab Sinjai untuk direalisasikan sesuai dengan program yang ada.

Komitmen serupa juga disampaikan oleh Anggota DPRD Sinjai, Andi Abrachman (F-Golkar, Dapil II) saat menggelar Reses dengan masyarakat di Desa Kampala, Kecamatan Sinjai Timur, Jumat (31/1/20).

“Setiap usulan yang masuk, saya siap berjuang keras untuk bisa terlaksana. Untuk aspirasi Warga terkait Jembatan yang menghubungkan Desa Salohe-Desa Aska akan segera terealisasi tahun ini, untuk aspirasi yang lainnya Insya Allah akan saya perjuangkan,” kata Andi.

Kegiatan reses Anggota DPRD Sinjai masa sidang I tahun 2020 ini dimanfaatkan betul oleh masyarakat yang hadir untuk menyampaikan keluhan dan aspirasinya kepada para anggota DPRD Sinjai.

“Saya harapkan Anggota DPRD Sinjai untuk berjuang mengawal aspirasi Masyarakat pada umumnya, yang paling menyentuh aktifitas dan untuk kesejahtraan Masyarakat,” kata salah seorang warga yang menghadiri kegiatan reses anggota DPRD Sinjai kali ini. (Adv)