oleh

Selesaikan Permasalahan Bangsa dengan Nilai Teguh Pancasila

JAKARTA, SUARADEWAN.COM  – Anggota MPR, Martin Hutabarat mengatakan segala permasalahan bangsa yang dihadapi saat ini dapat diselesaikan jika segenap elemen bangsa memegang teguh nilai-nilai Pancasila. “Sejarah telah membuktikan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang hidup yang bisa bersesuaian dengan segala permasalahan yang muncul dari waktu ke waktu,” katanya, di Jakarta, Jumat (19/6).

Menurut Hutabarat, sejak reformasi bangsa Indonesia menghadapi berbagai permasalahan baik kecil, sedang dan besar. Masalah sosial dan politik masih menjadi tantangan yang mengkhawatirkan bagi konsolidasi demokrasi. Persoalan hukum dan ekonomi juga masih menjadi persoalan berat bagi kelangsungan bangsa.

“Kekerasan komunal masih terjadi di wilayah Indonesia. Politik uang masih mewarnai setiap kontestasi Pemilu baik legislatif maupun pemilihan kepala daerah. Kemiskinan semakin bertambah,” kata Martin. Selain contoh itu, lanjutnya, masih ada masalah lain seperti pasar bebas yang mencekam negeri ini, ijasah palsu serta kisruh PSSI.

banner 1280x904

Demikian juga dengan pembangunan hukum yang masih jalan di tempat.Dia menambahkan, Pancasila adalah pilihan satu-satunya yang tersedia bagi Indonesia sejak merdeka, sekarang, dan di masa yang akan datang. “Tanpa Pancasila tidak akan pernah bisa terbayangkan nasib NKRI dalam perjalanan 70 tahun yang tetap bersatu sejak merdeka hingga sekarang,” tutupnya. (zz)

Komentar