oleh

Sandiaga Uno: Bisnis Berbasis Teknologi Solusi Masyarakat

JAKARTA, suaradewan.com – Bisnis berbasis teknologi memberikan solusi bagi masyarakat dan konsumen. Demikian disampaikan pendiri Indonesia Setara Foundation, Sandiaga Uno, dalam Entrepereneur Series yang diselenggarakan E-Corporation Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Sabtu (19/3). Sandiaga mencontohkan bahwa pada masa awal internet, orang kesulitan mencari informasi yang tersebar begitu banyak. Google melihat masalah ini dan menciptakan mesin pencari sehingga memudahkan milyaran orang untuk mencari dan ditemukan.

Di Indonesia, bisnis berbasis tekonologi juga berkembang. Ia mencontohkan Traveloka yang memberikan solusi kepada orang yang ingin bepergian. Cukup menggunakan ponsel pintar, orang bisa memesan tiket dan hotel. “Model bisnis yang memberikan solusi seperti inilah yang akan berkembang dan berkelanjutan,” tegasnya. Menurut Sandi, banyak sekali masalah-masalah di Indonesia yang memerlukan pendekatan teknologi dan dapat menghasilkan keuntungan. Masalah sampah misalnya bisa memunculkan banyak pengusaha. “Saya kenal beberapa pengusaha yang usahanya menguntungkan sekaligus menjadi solusi atas sampah ini. Di luar negeri, sampah bahkan sudah bisa dijadikan sumber energi.”

banner 1280x640

Sandi mengimbau agar kalangan muda terdidik mampu memunculkan ide-ide bisnis yang menjadi solusi bagi berbagai permasalahan di sekitarnya. Ia menyatakan siap membantu melalui Indonesia Setara Foundation. Yayasan yang didirikannya itu membantu bisnis skala UMKM agar dapat tumbuh.

Menanggapi pertanyaan peserta mengenai produk asal Indonesia yang bermutu baik namun dikenal sebagai produk dari negara lain, Sandi mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak persoalan yang perlu keberanian dan kerja keras. Ia mencontohkan bahwa meskipun Indonesia merupakan penghasil Kakao terbesar di dunia, namun cokelat paling terkenal justru dari Belgia di mana di sana tidak ada satu batang pun pohon Kakao. Menurutnya ini harus menjadi perhatian para pemangku kepentingan. Industri pengolahan dalam negeri harus didorong sehingga kesejahteraan petani Kakao bisa ditingkatkan. (zz)

Komentar

Berita Lainnya