Rupiah Terus Melemah, DPR Ingatkan Pemerintah Lakukan Antisipasi

Rupiah Terus Melemah, DPR Ingatkan Pemerintah Lakukan Antisipasi

Utang Indonesia Masih Relatif Kecil Dibanding Jepang dan AS
Ikut KTT Beijing, Indonesia Raih Banyak Keuntungan
Income Petani Akan Naik Jika 4 Juta Hektare Lahan Tidur di Benahi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia untuk segera melakukan langkah antisipasi atas melemahnya nilai tukar rupiahterhadap dolar AS.

“Stabilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi indikator penting bagi perekonomian nasional, salah satunya akan terjadi peningkatan konsumsi kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan dan Lebaran,” kata Bambang Soesatyo, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu, 25 April 2018.

Baca juga  Diperkirakan GDP Indonesia Akan Menjadi Top 5 Di Dunia. Kok Bisa?

Bambang Soesatyo mengatakan hal itu menanggapi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang terus melemah, dan pada Rabu ini mencapai level Rp 13.900.

Menurut Bambang, berbagai aspek yang mempengaruhi kurs rupiah terhadap dolar AS harus terus dipantau dan diantisipasi guna menjaga stabilitas rupiah.

Politisi Partai Golkar ini juga mengingatkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta PT PLN untuk terus melakukan efisiensi di tengah pelemahan mata uang rupiah saat ini.

Baca juga  Tahu-Tempe Naik Karena Rupiah Melemah, Menteri Perdagangan Terkejut

“Saya berharap, pelemahan nilai tukar rupiah ini tak berimbas kepada kenaikan tarif dasar listrik. Pemerintah sudah berjanji bahwa tarif dasar listrik tidak akan mengalami kenaikan hingga 2019,” ujarnya menegaskan. (antara)

COMMENTS