Reses Perdana, Anggota DPRD Sinjai Serentak Turun Dapil Serap Aspirasi KonstituenReses anggota DPRD Sinjai Andi Olivia Batari Sugi (29/1). Foto: dprd.sinjaikab.go.id

Reses Perdana, Anggota DPRD Sinjai Serentak Turun Dapil Serap Aspirasi Konstituen

SINJAI, SUARADEWAN.com -- Sejumlah Anggota DPRD Sinjai terpilih Periode 2019-2024, untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Reses atau temu kon

Serap Aspirasi Konstituen, Anggota DPRD Sinjai: Kami Bukan Eksekutor, Tapi Akan Berjuang Semaksimal Mungkin
30 Anggota DPRD Sinjai Resmi Dilantik, Ini Nama-namanya
Resmi Dilantik, Aktualisasi Peran dan Fungsi 30 Anggota DPRD Sinjai Dinanti Rakyat

SINJAI, SUARADEWAN.com — Sejumlah Anggota DPRD Sinjai terpilih Periode 2019-2024, untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Reses atau temu konstituen di daerah pemilihan masing-masing untuk mendengar dan menyerap aspirasi.

Kegiatan Reses masa sidang I DPRD Sinjai ini dimulai sejak 29 Januari hingga 1 Februari 2020. Dalam kegiatan reses ini sejumlah anggota DPRD Sinjai harus turun kembali ke daerah pemilihan masing-masing dan bertemu konstituen serta bertujuan untuk menjaring informasi, menghimpun aspirasi yang kemudian diperjuangkan di sidang-sidang DPRD.

Seperti yang dilakukan oleh Andi Olivia Batari Sugi (F-PKB, Dapil I) melakukan reses dan temu konstituen dengan sejumlah masyarakat di lingkungan Larea-Rea, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara pada Rabu, (29/1/2020).

Reses anggota DPRD Sinjai Andi Olivia Batari Sugi (29/1). Foto: dprd.sinjaikab.go.id

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah masyarakat menyampaikan keluhan persoalan air bersih yang seringkali tidak mengalir, serta perbaikan Jalan Poros yang menghubungkan dengan Pantai Muara Lappa serta adanya penambahan lampu penerangan Jalan di sekitar lokasi tersebut.

Reses anggota DPRD Sinjai Rustan (30/1). Foto: dprd.sinjaikab.go.id

Sementara itu, Anggota DPRD Sinjai, Rustan (F-Nasdem, Dapil 2) melakukan Reses di Dusun Batusantung, Desa Erabaru, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai. Kamis, (30/01/2020). Rustan turun dapil dan menyerap aspirasi masyarakat yang mengeluhkan infrastruktur Jalan di Erabaru untuk segera diperbaiki.

Baca juga  Resmi Dilantik, Aktualisasi Peran dan Fungsi 30 Anggota DPRD Sinjai Dinanti Rakyat

“Insya Allah saya tidak janji, tapi saya akan kawal dan kita berdoa semua mudah-mudahan aspirasi masyarakat cepat dilaksanakan,” kata Rustan di hadapan sejumlah masyarakat di Desa Erabaru.

Di hari yang sama, anggota DPRD Sinjai Muh. Dahlan (F-PKS, Dapil-2) juga melakukan reses di Dusun Bonto Kamase, Desa Kaloling, Kecamatan Sinjai Timur. Anggota Komisi II dan Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Sinjai ini turun langsung menjemput keluhan warga di Dapilnya.

Reses anggota DPRD Sinjai Muh. Dahlan (30/1). Foto: dprd.sinjaikab.go.id

Sejumlah masyarakat yang hadir menyampaikan aspirasi untuk diperjuangkan, diantaranya pembuatan embung untuk menunjang pengairan persawahan, perbaikan jalan, pembangunan jaringan air bersih balantieng masuk ke Desa Salohe dan Desa Kaloling. Pembangunan Jembatan kalamisu yang menghubungkan Desa Salohe dengan Desa Aska, Tanggul dan Hotmis poros langguli-kaloling. Serta perbaikan irigasi bidang pertanian, pengadaan untuk petani, bantuan ternak sapi untuk kelompok. Embung dan sumur bor dalam.

Baca juga  30 Anggota DPRD Sinjai Resmi Dilantik, Ini Nama-namanya

“Hotmis poros panggo untuk meningkatkan dan pengembangan pariwisata air panas panggo yang nantinya bisa menjadi sumber PAD desa dalam bidang pariwisata.” kata seorang Warga.

Kegiatan reses atau temu konstituen masa sidang I DPRD Sinjai ini juga dilaksanakan Wakil Ketua I DPRD Sinjai, Sabir (F-Golkar, Dapil III). Sabar melaksanakan reses dan bertemu dengan masyarakat di Desa Alenangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Jumat (31/01/2019).

Sejumlah aspirasi disampaikan langsung oleh masyarakat kepada mantan Ketua Komisi I DPRD Sinjai ini. Aspirasi masyarakat diantaranya seputar masalah pertanian dan perbaikan beberapa infrastruktur penting di daerah tersebut.

“Insya Allah aspirasi warga yang diserap saat reses kali ini dan ada kaitannya dengan Pemkab akan kami paripurnakan untuk selanjutnya disampaikan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai,” kata Sabir.

Agenda reses anggota DPRD Sinjai kali ini, telah banyak menjaring aspirasi masyarakat. Diantara hal yang paling banyak diaspirasikan oleh masyarakat adalah perbaikan sejumlah infrastruktur yang ada di Kabupaten Sinjai. (adv)