Rashida Tlaib-Ilhan Omar, Wanita Muslim Pertama Yang Terpilih Menjadi Anggota Kongres AS

Rashida Tlaib-Ilhan Omar, Wanita Muslim Pertama Yang Terpilih Menjadi Anggota Kongres AS

20 Tahun Reformasi, Ini Catatan dari Komnas Perempuan
Kisah Carley Watts Model Pakaian Dalam Wanita yang Kini Berhijab
Luar Biasa, 30 Perempuan Islam Indonesia ini Raih Australia Award

WASHINGTON, SUARADEWAN.com — Ilhan Omar membuat sejarah baru dalam perpolitikan di Amerika Serikat. Ia bersama Rashida Tlaib menjadi Muslimah pertama di AS yang duduk di Kongres AS. Omar menang dengan suara meyakinkan di wilayah Minnesota.

Omar bukan hanya perempuan Muslim pertama yang mewakili Minnesota, tapi juga menjadi wakil Demokrat pertama dari Minnesota sejak 1962.  Negara bagian tersebut memang didominasi pendukung Partai Republik. Tapi, ia berhasil lolos ke Kongres dengan kampanyenya ‘Medicare for all’. Omar berjanji untuk mempertahankan jaminan kesehatan yang dicetuskan Barack Obama.

Ia juga berjanji untuk melakukan reformasi dalam peradilan dan mencabut undang-undang Immigration and Customs Enforcement (ICE) yang sangat merugikan imigran. Sebab, Omar sendiri adalah orang imigran.

Omar datang ke AS pada usia 12 tahun dan dengan terang-terangan mengkritik dan menentang kebijakan Presiden AS Donald Trump yang melarang masuknya imigran dari negara-negara Muslim. Omar didukung oleh beberapa organisasi sayap partai Demokrat.

Ia didukung Justice Democrats, MoveOn, dan Our Revolution, sebuah organisasi bernapaskan sosialis-progresif yang didirikan Bernie Sanders. Organisasi yang juga mendukung anggota kongres termuda Alexandria Ocasio-Cortez.

Ilhan Omar

“Saya selalu memiliki pendekatan yang cenderung keadilan sosial dalam setiap hal dalam hidup saya, saya mantan pengungsi yang tumbuh dalam peperangan dan mengerti trauma yang terkait dengan itu,” kata Omar seperti dilansir dari ABC News.

Omar bukanlah sosok Muslim yang tertutup. Ia aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Ia juga bergaul dengan berbagai kalangan, termasuk kalangan selebriti. Ia bahkan terlibat dalam video klip terbaru band asal California, Maroon 5.

Baca juga  Balap Sepeda Perempuan Perdana Digelar di Arab Saudi

Baca Juga: Ini Dia Dua Hijabers di Video Klip Terbaru Maroon5 Bareng Gal Gadot

Dalam single “Girls Like You”, Omar menjadi salah satu selebriti yang masuk dalam video klip. Selain Omar juga ada nama, Amani Al-Khatahtbeh yang merupakan penulis sekaligus editor muslimgirl.com, yakni majalah online muslim yang berbasis di AS.

Baca juga: Inilah 26 Perempuan Inspiratif dalam Video Klip Terbaru Milik Maroon 5

Baca juga  Peluncuran Buku Spirit of Emak-Emak 'Kisah Wanita Super Demi Ekonomi Keluarga'

Video klip yang dirilis tanggal 30 Mei 2018 itu menduduki tangga lagu yang sedang hits. Dilansir dari Fox9.com, penampilan Omar dan Amani yang merupakan seorang muslim juga menjadi penampilan terbaru.

Rashida Tlaib

Adapun Rashida Tlaib adalah Palestinian-American, Tlaib mengambil distrik kongres ke-13 di Michigan dalam suatu perlombaan di mana ia adalah satu-satunya kandidat partai utama. Omar memenangkan distrik kongres kelima yang sangat demokratis di Minnesota, menggantikan anggota kongres Muslim yang pertama, Keith Ellison, yang mengosongkan tempat duduknya untuk ikut dalam kejaksaan umum negara bagian.

Tlaib, 42, lahir di Detroit dari orang tua imigran Palestina. Dia membuat sejarah pada tahun 2008 dengan memenangkan kursi di Legislatif Michigan, menjadi wanita Muslim pertama yang melakukannya.

Platform kampanyenya termasuk janji untuk mengamankan upah minimum $ 15, mencegah pemotongan untuk program kesejahteraan, seperti Medicare dan Jaminan Sosial, serta menghentikan keringanan pajak untuk perusahaan besar. (sd)

COMMENTS