oleh

Provinsi Sulut Catat Rekor Tertinggi 173 Kasus Baru Covid-19

MANADO, SUARADEWAN.com — Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mencatat rekor tertinggi penularan COVID-19 setelah kemarin dapat tambahan 173 kasus baru sejak kasus pertama diumumkan pada 14 Maret 2020 lalu.

“Ini merupakan rekor tertinggi pertambahan kasus baru di Sulut sejak pandemi COVID-19 di wilayah ini,” sebut Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel di Manado, Rabu (16/12).

banner 728x419

Beberapa daerah seperti Minahasa Tenggara dan Bolaang Mongondow Timur melaporkan sejumlah kasus yang terjadi pada tenaga kesehatan yang bekerja di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Puskesmas.

Baca Juga:  Berantas Corona, DPR Minta Biaya Cek dan Pengobatan Masyarakat Digratiskan

Hal ini, sebut dia, mengindikasikan terjadinya transmisi aktif di masyarakat.

“Kemungkinan besar pengunjung Puskesmas yang datang untuk berobat adalah mereka yang memiliki Sars Cov2 di dalam tubuh mereka yang kemudian menjangkiti petugas yang ada di Puskesmas,” ujarnya.

Karenanya, menurut dr Steaven, diperlukan upaya peningkatan surveilans aktif berupa Surveilans Influenza Like Illnesses (ILI).

“Setiap pengunjung Puskesmas dengan gejala menyerupai flu dilakukan skrining aktif berupa pengambilan swab,” ujarnya.

Baca Juga:  Buruh Sampah di Manado Demo Tuntut Gaji Yang Belum Dibayar

Menurut dia, kontribusi yang cukup besar juga datangnya dari suspek yang sedang dirawat di rumah-rumah sakit.

Sementara untuk dugaan adanya peningkatan kasus akibat tahapan Pilkada, maka Satgas Provinsi Sulawesi Utara sedang menunggu laporan Penyelidikan Epidemioogy (PE) kasus-kasus yang terkonfirmasi, katanya.

“Analisa lebih lanjut akan dilakukan ketika laporan PE ini telah terkumpul lengkap,” ujarnya. (antra/*)

Komentar

Berita Lainnya