oleh

Proses Groundbreaking Trans Sulawesi dan Tol Daerah Perbatasan Sumatera

MAKASSAR, SUARADEWAN.com –  Proyek pembangunan rel kereta api di daerah Sulawesi dalam proses tahap awal. Jalur sepanjang kurang lebih 145 kilometer ini merupakan tahap pertama dari pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi dari Kota Makassar menuju Kota Parepare.

Proses groundbreaking pembangunan kereta api lintas Makassar-Parepare dilaksanakan di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

banner 728x419

Jalur kereta api ini pada awalnya dibangun jalur tunggal, tetapi lahan yang disiapkan dapat dibangun jalur ganda. Jalur ini direncanakan mempunyai 23 stasiun yang akan dibangun sebagai pemberhentian kereta api 23 stasiun yang terdapat di jalur ini.

Sementara, pembangunan jalan akses di kawasan perbatasan  juga menjadi prioritas Pemerintah. Kawasan yang selama ini hutan belantara kini mulai tersentuh dengan pembangunan jalan.

Salah satunya ruas jalan yang saat ini proses pekerjaannya sedang berlangsung adalah Mensalong-Tou Lumbis sepanjang 147,95 Km, di Provinsi Kalimantan Utara.

“Ruas Tou Lumbis-Mensalong menjadi prioritas karena nantinya di Tou Lumbis akan dibangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN), selain itu juga menjadi penghubung masyarakat menuju Malinau,” kata Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Hermanto Dardak. (SD)

Komentar

Berita Lainnya