oleh

Presiden Jokowi: Tahun Depan Gaji PNS dan Pensiunan Naik Sebesar 5%

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS) dan pensiunan naik rata-rata sebesar 5% pada 2019.

Hal itu diungkapkannya pada saat berpidato tahunan nota keuangan tahun anggaran 2019 di Gedung Senayan DPR, Jakarta Selatan, Kamis (16/8/2018).

“Pada tahun 2019 pemerintah akan menaikkan gaji pokok dan pensiunan pokok bagi aparatur negara, serta pensiunan sebesar rata-rata 5%,” kata Jokowi.

Alasan kenaikkan gaji pokok PNS dan pensiunan sebesar 5%, kata Jokowi merupakan langkah lanjutan pemerintah dalam percepatan pelaksanaan reformasi di 86 kementerian/lembaga (K/L).

Orang nomor satu di Indonesia ini mengungkapkan kenaikan gaji pokok PNS dan pensiunan juga agar layanan publik semakin lebih baik, mudah, cepat, dan transparan, disertai penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Baca juga  Polisi Tangkap Santri yang Hina Presiden dan Kapolri

“Peningkatan kualitas dan motivasi birokrasi terus dilakukan agar aparatur negara makin profesional, bersih, dan terjaga kesejahteraannya,” tutup dia.

Sementara itu, menurut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena PNS sudah lama tidak menerima kenaikan gaji. Pemerintah menaikkan gaji PNS menilai karena sekitar 3 tahun belum naik, dan sekaligus menjaga daya beli.

“Karena sudah lama kita nggak naik ya. Intinya kan sudah sejak 2014 atau 2015 itu kan tidak naik. Nah ini untuk menjaga daya beli pegawai negeri ya, naik 5% rencananya kan gitu,” kata Direktur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Ditjen Anggaran, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Baca juga  Tiga Sektor Pilihan Jokowi bagi Pengusaha Muda

Rencana pemerintah sebagaimana arahan Jokowi ini, akan dibahas lebih lanjut bersama dengan DPR.

“Ini kan masih rencana pemerintah yang dituangkan dalam RAPBN 2019. Nanti kan kita diskusikan dengan DPR,” jelasnya.

Yang jelas, menurut Kunta memang sudah saat gaji PNS harus naik. “Kan gaji itu selama ini belum pernah naik. Jadi ini sudah waktunya kita naik,” sebutnya. (de)

Komentar