oleh

Polisi Bongkar Prostitusi Online

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Resor Jakarta Selatan kembali membongkar praktik prostitusi online. Hal ini diungkap oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Ajun Kombes Budi Hermanto.

Menurut keterangan Budi, tersangka berinisial RQ ditangkap karena berperan sebagai mucikari.

“Tersangka ini menawarkan wanita melalui akun Facebook bernama Loreza Afecto,” terangnya di Markas Polres Jakarta Selatan, Senin (27/3/2017).

Modusnya sendiri, ungkap Budi, mengeksploitasi dengan tujuan seksual.

“Akun FB (Facebook) itu merekrut anak perempuan di bawah umur, lalu menjualnya,” imbuhnya.

Dalam upaya pembongkaran tersebut, polisi mengamankan perempuan berusia 16 tahun yang dijual mucikari RQ. Menindak hal itu, polisi juga sudah meminta Kemenkominfo untuk memblokir akun FB yang dikendalikan oleh RQ untuk mencari perempuan yang akan dijajakan lewat akunt ersebut.

“Dia ini mucikari, tapi di sini perannya sebagai trafficker. Dia berkenalan dengan korban via FB dan mendorong korban untuk menjadi wanita komersil. Hasilnya dibagi dua, kalau Rp 1,5 juta, tersangka setengah, korban setengah. Tapi akhirnya, dia potong lagi punya korban,” imbuhnya kembali menerangkan.

Lanjut Budi, mucikari RQ melakukan komunikasi kepada para lelaki hidung belang melalui FB, transaksinya melalui sambungan telepon. Setelah sepakat dengan tarif, mucikari RQ kemudian mengajak korban bertemu dengan pelanggannya di salah satu hotel.

“Untuk mengelabuhi petugas, akun Facebook-nya itu diisi seolah jualan biasa, bukan jualan perempuan,” timpalnya.

Untuk sementara ini, diketahui RQ hanya beroperasi di wilayah Jakarta Selatan saja. Pihak Kepolisian masih melakukan penyidikan terhadap pelaku dan korbannya. Tak menutup kemungkinan RQ juga beroperasi di luar Jakarta Selatan, apalagi sudah 1 tahun beroperasi.

Saat ini, tersangka sedang mendekam di tahanan Polres Jakarta Selatan. Ia tercancam dijerat UU No. 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang, Pasal 2 dan 6. (ms)

Komentar