oleh

Pilpres 2019 Masih Jauh, Dukungan untuk Jokowi Terus Bergulir

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 masih jauh, tapi dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi) sebagai kandidat Presiden terus bergulir.

Dukungan tersebut datang dari sejumlah partai-partai besar, seperti Partai Golongan Karya (Golkar), mendeklarasikan dukungannya di Rapimnas, Bali, 4 Agustus 2017; Partai Solidaritas Indonesia (PSI), disampaikan di Istana Negara, 11 April 2017; serta Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), disampaikan langsung ke Jokowi dalam Rapimnas, Bali, 4 Agustus 2017.

Selain itu, dukungan untuk Jokowi juga datang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), diisyaratkan dalam Mukernas, Jakarta, 21 Juli 2017; Partai Nasional Demokrat (NasDem), dideklarasikan di Bandung, 19 Maret 2017; dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), dideklarasikan lewat pernyataan politiknya pada 12 Juni 2017.

Baca juga  Sikap 'Mendua' Partai Demokrat di Pilpres, Keuntungan Buat Kubu Jokowi-Ma'ruf

Dan yang terakhir, dukungan untuk Jokowi datang dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo), yang rencananya akan disampaikan secara resmi di Rapimnas akhir tahun 2017.

Baca juga  Pengamat: Kiai Ma'ruf Akan Menjawab Isu SARA Yang Kerap Menerpa Jokowi

Hingga hari ini, belum ada kandidat lain yang didukung oleh partai politik selain Jokowi. Tapi dipastikan, sesuai dengan peraturan ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), dipastikan bahwa kandidat yang akan bertarung dengan Jokowi di Pilpres 2019 ke depan adalah Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto.