Pernikahan Pangeran Harry-Meghan: Panduan lengkap untuk Anda

Pernikahan Pangeran Harry-Meghan: Panduan lengkap untuk Anda

Taklukkan MU 1-0, Chelsea Juara Piala FA
Megahnya Pernikahan Keluarga Kerajaan Inggris, Habiskan Rp610 Miliar
Masjid di London Ini Statusnya Setara dengan Istana Buckingham

LONDON, SUARADEWAN.com – Ratusan juta mata di seluruh dunia tampaknya akan mengarah ke Inggris pada Sabtu 19 Mei, untuk menyaksikan anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang menikahi aktris Amerika Serikat.

Pernikahan bagai dunia dongeng ini memang telah dibayangkan oleh banyak pengamat kerajaan namun masih ada sejumlah pertanyaan yang muncul, yang mungkin tidak terpikirkan oleh seorang warga Inggris sekalipun.

Orang-orang di bagian dunia lain yang tertarik untuk menyaksikannya mungkin akan masih punya sejumlah pertanyaan. Dan panduan berikut mungkin bisa membantu.

Siapakah sebenarnya kedua mempelai itu?

Pangeran Harry merupakan cucu laki-laki Ratu Elizabeth II dari pasangan Prince Wales dan Lady Diana, Princess of Wales. Dia akan menikah dengan bintang Hollywood, Meghan Markle.

Dia berada di urutan ke enam tahta Inggris sementara Meghan menjadi terkenal karena perannya di drama TV, Suits.

Keduanya dikenalkan oleh teman bersama mereka pada tahun 2016 dan Harry menyatakan keseriusannya dalam sebuah acara memanggang ayam pada suatu malam.

Kapan pernikahan itu berlangsung?

Pangeran Harry dan Meghan Markle rencananya akan menikah pada hari Sabtu, 19 Mei 2018.

Pemberkatan pernikahan berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor, sekitar 40km di arah barat London.

Jadi jika Anda ingin menonton di Jakarta berarti pukul 18.00 WIB sementara di Sydney, Australia, pada pukul 21.00 malam waktu setempat sedang di ibu kota Amerika Serikat, Washington, jam 07.00 pagi.

Namun di Hawaii, orang-orang yang ingin menyaksikan pernikahan itu sudah harus bangun pukul 01.00 subuh.

Bagaimana menyaksikan pernikahan ini?

Siaran TV BBC akan menyiarkan langsung acara pernikahan itu dan Anda juga bisa mendengarkan lewat BBC World Service Radio.

Adapun BBC News Indonesia akan melaporkannya dengan halaman ‘Live’ yang melaporkan perkembangan aktual secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Wartawan BBC News Indonesia, Liston P Siregar -yang juga meliput perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton tahun 2011 lalu- akan membantu peliputan khusus tersebut dari salah satu tempat yang disediakan untuk para wartawan, tak jauh dari Kastil Windsor.

Seperti apa prosesi pernikahan kerajaan?

Setelah pemberkatan nikah di Kapel St George selesai, maka pengantin baru akan melakukan kirab: pawai kereta di sekitar Kastil Windsor, salah satu tempat kediaman resmi Ratu Elizabeth.

Pasangan sudah memilih kereta Ascot Landau untuk parade itu, yang juga digunakan untuk acara-acara resmi dan upacara kenegaraan.

Iring-iringan akan berakhir di St George’s Hall, aula pertemuan di kastil, dengan sekitar 600 tamu undangan untuk makan siang yang diselenggarakan oleh eyang puteri, Ratu Elizabeth II.

Malam harinya, kedua mempelai pengantin baru ini akan bergerak ke salah satu gedung di dekat Kastil Windsor, Frogmore House, untuk merayakan pernikahan bersama 200 teman terdekat mereka.

Gedung itu dulu menjadi latar belakang dalam foto pertunangan mereka

Iring-iringan akan berakhir di St George’s Hall, aula pertemuan di kastil, dengan sekitar 600 tamu undangan untuk makan siang yang diselenggarakan oleh eyang puteri, Ratu Elizabeth II.

Malam harinya, kedua mempelai pengantin baru ini akan bergerak ke salah satu gedung di dekat Kastil Windsor, Frogmore House, untuk merayakan pernikahan bersama 200 teman terdekat mereka.

Gedung itu dulu menjadi latar belakang dalam foto pertunangan mereka

Apakah kegiatan lain di Inggris akan terhenti?

Tidak, tetapi jangan mencoba untuk jalan-jalan di Windsor pada hari pernikahan itu kecuali Anda memang suka berada di tengah-tengah kerumunan orang.

Ini adalah acara besar yang ditayangkan di TV pada hari Sabtu sehingga banyak warga Inggris yang akan tetap melakukan kegiatan yang biasa mereka lakukan pada akhir pekan sambil, mungkin, sesekali melihat ke telepon genggamnya.

Dan bagi para penggemar sepak bola, ada pula peristiwa yang mungkin lebih penting bagi mereka pada sore itu: Final Piala FA antara Chelsea dan Manchester United, yang berlangsung di Stadion Wembley, London utara.

Berapa banyak orang akan menonton pernikahan ini?

Pada tahun 2011, tercatat 24 juta orang Inggris menonton langsung siaran TV pernikahan Pangeran William dan Kate, yang menjadikannya sebagai salah satu dari 10 program TV yang paling banyak ditonton dalam sejarah Inggris.

Namun masih lebih banyak lagi orang Inggris yang menonton Final Piala Dunia 1966 (32,3 juta) yang berlangsung di London dan pemakaman Putri Diana pada tahun 1997 (32,1 juta).

Tetapi di zaman digital sekarang ini, terdapat begitu banyak cara untuk menonton sehingga jumlah keseluruhan penonton yang menggunakan berbagai platform BBC saat perkawinan William-Kate tahun 2011, mencapai 34 juta

Sedang di seluruh dunia, jumlah pemirsa bisa mencapai ratusan juta orang, seperti yang diperkirakan juga akan terjadi pada pernikahan Harry dan Meghan.

BBC membebaskan pajak TV bagi masyarakat yang mengadakan pesta nonton bersama di tempat-tempat komersial dan pemerintah memperpanjang waktu operasi pub pada malam hari -yang biasanya harus tutup pukul 23.00- baik sebelum maupun sesudah upacara.

Akan seperti apa upacaranya?

Ratu Inggris sekaligus merupakan pimpinan Gereja Anglikan Inggris, yang dulu memisahkan diri dari Gereja Katolik.

Ini berarti anggota Keluarga Kerajaan diharapkan menjadi anggota aktif gereja dan Meghan telah dibaptis masuk ke dalam Gereja Inggris pada bulan Maret oleh Justin Welby, yang menjabat Uskup Agung Canterbury atau pemimpin teologis Geraja Anglikan Inggris.

Welby juga yang akan memimpin upacara pernikahan, termasuk dalam pengucapan janji dari Book of Common Prayer, himne keagamaan, serta pembacaan Injil saat pemberkatan pernikahan.

Upacara juga akan menampilkan koor rohani Karen Gibson and The Kingdom Choir serta pemain cello, Sheku Kanneh-Mason, selain penampilan musik tradisional Inggris.

(sumber: bbc.com)

COMMENTS