oleh

Perempuan Arab Saudi Kini Bebas Berbisnis Tanpa Izin Suami

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kementerian Perdagangan dan Investasi Arab Saudi menyatakan wanita di negaranya tak lagi perlu meminta izin dari suami atau saudara laki-laki untuk memulai bisnis. Pernyataan ini masuk dalam kampanye #No_Need yang dicanangkan kementerian tersebut.

“Tidak perlu ada izin wali. Wanita Saudi bebas memulai bisnis mereka sendiri,” kata juru bicara Kementerian Perdagangan dan Investasi Abdul Rahman Al-Hussein, dilansir dari The Telegraph, Senin (19/2). Kampanye #No_Need bertujuan merampingkan prosedur yang diperlukan untuk membangun bisnis baru. Sementara itu, orang yang ingin berbisnis tak lagi harus datang ke notaris untuk membuat surat izin mendirikan perusahaan.

Tak hanya itu, lembaga pemerintahan juga tak perlu lagi meminta persetujuan wali bagi wanita yang ingin menyelesaikan prosedur mendirikan usaha. “Wanita bisa menjalani semua transaksi komersial di Kementerian Perdagangan dan Investasi tanpa wali dan notaris. Dengan demikian, mereka semakin mudah dalam membangun usahanya,” lanjut dia.

Kepala Departemen Status, Hak Keluarga dan Hak-Hak Perempuan Nojood Al Qassim menuturkan ini adalah langkah terakhir pemerintah Arab Saudi untuk memberdayakan wanita. Langkah ini, menurut dia, sejalan dengan dorongan pembangunan pemerintah secara keseluruhan.

“Salah satu arahan Visi 2030 adalah untuk menggerakkan peran wanita Arab Saudi dalam bermasyarakat. Kami memberikan mereka hak penuh dan hak-hak yang dijamin secara syariah,” lanjut dia.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan pengumuman yang mengizinkan perempuan untuk mengemudi mobil. Pengumuman yang muncul dalam bentuk dekrit kerajaan ini, dipublikasikan oleh kantor berita Saudi Press Agency (SPA) dan televisi nasional. (af)