Peran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Siskamswakarsa Sangat Penting

Peran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Siskamswakarsa Sangat Penting

TANGSEL, SUARADEWAN.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Sistem Keamanan Swakarsa (Sisk

Manjakan Pencinta Kopi, Living World Alam Sutera Hadirkan 25 Stand Kopi Nusantara
Yayasan Masjid Raya Al-Kautsar Berikan Santunan dan Pelatihan Kepada Anak Yatim Dhuafa
Mendapat Predikat Opini WTP, Bukan Jaminan Tangsel Bersih Dari Korupsi

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Sistem Keamanan Swakarsa (Siskamswakarsa) di Kampung Anggrek, Kecamatan Serpong, Kota Tangsel.

Kegiatan yang berlangsung sekira pukul 09.00WIB tersebut, melibatkan anggota Satpol PP, unsur Kecamatan, unsur Kelurahan hingga unsur RT dan RW, yang memang menjadi salah satu bagian terpenting dalam menjalankan Siskamswakarsa.

Kepala Satpol PP Tangsel Chaerul Saleh mengatakan, saat ini masyarakat mengenal Siskamswakarsa yang artinya adalah kehendak sendiri masyarakat dalam keikutsertaan memikul tanggung jawab dan mengamankan diri serta lingkungannya.

“Artinya Siskamswakarsa ini adalah masyarakat saling bahu membahu untuj mendukung stabilitas keamanan di lingkungannya sendiri,” kata Chaerul Saleh, pada Kamis (20/7).

Menurutnya, masyarakat jangan hanya mengandalkan pihak kepolisian maupun Satpol PP, tapi harus bisa turut serta dalam mengamankan berdasarkan asas gotong royong.

“Kita akan hidupkan kembali ronda dan gotong royong, sehingga akan terjalin silaturrahim dan komunikasi. Satu kesatuan yang terbangun di setiap wilayah yang ada di Tangsel,” ujarnya.

Sehingga, masyarakat tidak kecolongan satu misal ada masyarakat baru bisa membawa narkoba maupun menjadi teroris. Oleh sebab itu Siskamswakarsa menjadi sangat penting.

“Kita saling asah asih asuh lingkungan masyarakat sendiri, sehingga kedamaian, ketentraman dan ketertiban masyarakat akan hadir. Tangsel harus bersih dari persoalan yang membawa efek dampak buruk,” pungkasnya. (fn)

COMMENTS

DISQUS: