oleh

Pengawasan Kampanye di Tengah Pandemi, Begini Kata Ketua Bawaslu Sulut

MANADO, SUARADEWAN.com – Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 dipastikan akan tetap digelar pada Desember mendatang, meski masih di tengah situasi pandemi Covid-19.

Sehingga Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu dalam pelaksanaan Pilkada saat ini agar meningkatkan komunikasi satu sama lain.

banner 1280x904

Jajaran Bawaslu harus memastikan kampanye tidak melanggar nilai-nilai keadilan dalam demokrasi, dan tertib sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan wajib membekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas pengawasan Pilkada.

Pihak KPU sendiri saat ini masih menunggu PKPU tentang mekanisme kampanye peserta pilkada di tengah pandemi covid-19.

Baca juga  Bupati Lampung Timur Dinilai Politisasi Bantuan Sembako Covid-19

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, menyampaikan, pelaksanaan Pilkada saat ini, termasuk kampanye cendereung akan mengoptimalkan social distancing, misalnya melalui media sosial.

“Mekanisme pengawasan oleh jajaran Bawaslu di Provinsi Sulut dapat menyesuaikan dengan keadaan dan regulasi yang ada sesuai dengan pelaksanaan kampanye yang difasilitasi oleh KPU,” ujar Malonda saar pelaksanaan diskusi daring ‘Sekolah Baku Beking Pande’ Bawaslu Sulut, Rabu (1/7/2020).

Sehingga menurutnya, pada masa kampanye mendatang pihaknya dituntut memperhatikan kampanye dalam keadaan sekarang, karena tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan dalam pelaksanaan teknis kampanye calon kepala daerah saat pandemi Covid 19.

Baca juga  Bawaslu Sulut: Ada Penyelenggara Beri Dukungan Ke Bakal Calon Perseorangan

“Sambil menunggu pengesahan peraturan KPU terkait dengan tahapan kampanye Pilkada di Tahun 2020 di tengah pandemi covid-19, maka peserta, maupun penyelenggara pemilu harus memiliki strategi yang tidak berbenturan dengan peraturan agar pelaksnaan kampanye dapat berjalan dengan baik sesuai dengan hak dan kewajiban dari peserta Pilkada,” tutupnya. (tri)

Komentar