oleh

Pencak Silat Sapu Bersih Emas di Asian Games, Atlet: Terima Kasih Pak Prabowo

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Atlet pencak silat memborong emas Asian Games 2018 hari ini. Di tengah-tengah ‘hujan’ emas ini, ucapan terima kasih disampaikan untuk Prabowo Subianto.

Prabowo, yang merupakan calon presiden 2019, adalah Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Ketum Gerindra ini juga adalah Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat).

Ucapan terima kasih itu datang dari Yola Primadona Jampil yang meraih medali emas dari nomor seni ganda putra bersama Hendy. Keduanya memperoleh skor tertinggi 580.

Usai meraih medali, Yola mengucapkan terima kasih untuk Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo tak pernah lelah memberi dukungan.

“Saya juga ucapkan terima kasih untuk PB IPSI dan Ketua Umum, Prabowo. Selama empat tahun ini mereka tiada henti mendukung kami,” kata Yola di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Senin (27/8/2018).

Prabowo Subianto saat didaulat menjadi Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) periode 2016-2020.

Hari ini, cabor pencak silat menyumbang 8 emas untuk Indonesia alias sapu bersih. Emas pertama pencak silat di Asian Games 2018 diraih Puspa Arumsari pada final nomor tunggal putri. Emas berikutnya diraih ganda putra Yola Primadona/Hendy.

Baca juga  Hindari Politisasi, Prabowo Memilih Galang Dana Untuk Korban Gempa Palu

Emas ketiga dari final nomor tim putra oleh Nunu Nugraha, Asep Yuldan Sani, Anggi Faisal Mubarok.

Total tiga emas lainnya juga disumbangkan di nomor tarung. Aji Pamungkas meraih emas pada kelas 85kg – 90kg putra. Begitu pula Komang Harik Adi Putra, meraih emas di kelas 65kg – 70kg, Emas Keenam dari cabor pencak silat disumbangkan Iqbal Candra Pratama di final kelas 60kg – 65kg.

Emas ketujuh dari cabor pencak silat putri kelas 55kg-60kg disumbangkan oleh Sarah Tria Monita, satu lagi emas dari cabor pencak silat putra kelas 50-55 kg disumbangkan oleh Abdul Malik.

Baca juga  Banyak Alasan Untuk Mengatakan Prabowo Akan Kalah di Pilpres 2019

“Kalau ini dia (Prabowo) pasti ikut senang karena target minimalnya tercapai,” ujar Waketum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad kepada detikcom, Senin (27/8/2018).

Menurut Dasco, Prabowo telah menitipkan semangat perjuangan ke atlet pencak silat melalui kader Gerindra lainnya, yaitu Waketum Edhy Prabowo. Edhy merupakan Ketua Harian IPSI.

Sebagai Ketum PB IPSI, Prabowo, disebut Edhy, tak kenal lelah memotivasi para atlet. Sikap Prabowo itu, menurut Edhy, membuat para atlet menjadi dekat dengan bakal capres RI 2019-2024 itu.

Meski Prabowo punya peran yang cukup vital dalam kesuksesan atlet pencak silat, Edhy meminta hal ini tak dipolitisasi. Wakil Ketua Komisi IV DPR itu hanya berharap pemerintah lebih memperhatikan perkembangan pencak silat untuk seterusnya.

“Saya pikir ini jadi catatan kita semua dan ke depan itu pencak silat sebagai budaya kita ada peran anggaran negara turun membantu,” pungkas Edhy. (det)

Pencak silat penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia di Asian Games 2018

Komentar