oleh

Pencak Silat Kembali Sapu Bersih, 6 Tambahan Emas Untuk Indonesia

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Cabang olahraga pencak silat menjadi penyumbang terbanyak medali emas untuk Indonesia di Asian Games 2018. Cabor tersebut setelah berhasil panen 8 emas pada pertandingan pada Senin (27/8) lalu, hari ini rabu (29/8) Pencak Silat kembali menambah pundi-pundi medali emas Indonesia.

Total 6 Medali Emas berhasil disumbangkan pencak silat hari ini. Dengan hasil ini Cabor Pencak Silat secara keseluruhan telah menyumbangkan 14 Medali Emas dan Satu Perunggu.

banner 1280x904

Berikut 6 penyumbang Medali Emas dari Final Cabor Pencak Silat yang dipertandingkan hari ini di di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (29/8/2018).

1. Sugianto

Pesilat tunggal putra Indonesia, Sugianto, memperpanjang waktu panen emas Indonesia di Asian Games 2018, setelah pada babak final nomor artistik (kelas 50-60 kg) pagi hari ini Rabu (29/8/2018) mempersembahkan emas ke-9 dari cabang pencak silat dan Emas ke-25 bagi Indonesia.

Sugianto berhasil meraih nilai tertinggi 471, di atas nilai yang dicatat oleh 5 pesaing lainnya yakni Ilyas Sadara (Thailand), Muhammad Iqbal Abdul Rahman (Malaysia(, Tian Dung Vu (Vietnam), Almohaidib Abad (Filipina), Souksavanth (Laos).

2. Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti

Pesilat ganda putri Indonesia, Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti, meraih medali emas nomor seni ganda putri pada babak final di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (29/8/2018).

Baca juga  Pesilat Puspa Arumsari Raih Emas ke-13 Indonesia di Asian Games 2018

Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti unggul dari enam pesaingnya dengan skor total 574. Sementara itu, ganda putri Thailand, Saowanee Chanthamunee dan Oraya Choosuwan, meraih medali perak dengan skor 564.

3. Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Lestari

Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Lestari yang bertanding pada nomor seni regu putri kembali mempersembahkan medali emas kepada Indonesia di ajang Asian Games 2018 usai tampil di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (29/8/2018) pagi WIB.

Perolehan nilai Indonesia sendiri sangatlah tipis mengungguli lawan-lawannya kali ini. Mereka harus puas meraih nilai 466 dan hanya berjarak dua poin dari wakil Vietnam yang meraih medali perak. Sementara medali perunggu menjadi milik tim Thailand dengan raihan 448 poin.

Turunnya nilai yang dimiliki Indonesia disebabkan para pesilat tidak mampu menyelesaikan penampilan dengan tepat waktu. Pramudita dan kawan-kawan menyelesaikan performa kelebihan satu detik yang berarti memiliki catatan waktu 3 menit 1 detik.

4. Pipiet Kamelia

Atlet pencak silat putri Indonesia, Pipiet Kamelia, meraih medali emas pada partai final nomor kelas D putri 60 kg sampai 65 kg di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Pipiet Kamelia berhasil mengalahkan atlet pencak silat asal Vietnam, Nguyen Thi Cam Nhi, dengan skor akhir 5-0.

Baca juga  Srikandi Peraih Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018 (2)

Dengan hasil ini, Pipiet Kamelia menjadi atlet pencak silat ke-12 yang berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia.

5. Hanifan Yudani Kusumah

Hanifan Yudani Kusumah

Hanifan Yudani Kusumah yang turun di nomor tanding kelas C (55-60) kg putra yang mempersembahkan emas ke-29 bagi Indonesia di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (29/8/2018) sore WIB.

Pada laga final tersebut, Hanifan berjumpa dengan Thai Linh Nguyen asal Vietnam. Keberhasilan Hanifan meraih medali emas setelah menaklukkan Thai secara dramatis dengan skor tipis 3-2.

Ini menjadi medali emas ke-13 bagi Indonesia yang dipersembahkan dari cabor pencak silat di Asian Games 2018.

6. Wewey Wita

Wewey Wita mengalahkan atlet Vietnam Thi Them Tran pada final nomor 50-55 kg putri cabor pencak silat Asian Games 2018. Dia unggul 5-0 pada pertandingan di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Rabu Sore (29/8/2018).

Torehannya berarti Indonesia meraih 14 emas dari cabor pencak silat pada Asian Games kali ini. Kontingen Indonesia hanya gagal di dua nomor yang dipertandingkan.

Total Indonesia sudah memiliki 30 medali emas. Sang tuan rumah juga merebut 22 perak dan 33 perunggu. Ini adalah perolehan terbaik Indonesia sepanjang mengikuti Asian Games. (sd)

Komentar