Pemuda Katolik NTT: Gerakan Intoleran dan Radikal Tidak Boleh Hidup di Nusantara

Pemuda Katolik NTT: Gerakan Intoleran dan Radikal Tidak Boleh Hidup di Nusantara

Buya Syafii Sebut Sikap Pragmatis Politisi Jadi Ancaman Menguatnya Intoleransi
Tolak Ketua OSIS Beda Agama, Imbas Penyelenggaraan Pilkada DKI
Muslim Moderat Malaysia Sebut Zakir Naik Perusak Keberagaman

LEMBATA, SUARADEWAN.com – Pemuda Katolik NTT menegaskan komitmen kebangsaannya untuk senantiasa menggaungkan prinsip-prinsip kebhinnekaan, toleransi dan persatuan yang dibingkai dalam semangat ideologi Bangsa yaitu Pancasila. Dengan begitu mereka menegaskan mengutuk dan menolak keras gerakan intoleran dan radikal tumbuh berkembang di bumi nusantara, khususnya di bumi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu ditegaskan oleh Ronald Da Gomez selaku Ketua Komisariat Daerah (Komda) NTT, saat acara pelantikan Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Lembata, Selasa (11/07/2017) di Kuma Resort Kabupaten Lembata, NTT.

“Saya tegaskan Pemuda Katolik NTT mengutuk dan menolak keras gerakan anti toleran dan gerakan radikalisme hadir di bumi Nusa Tenggara Timur ini,” ucap Ronald.

Selain itu juga, Ronal menyampaikan, Pemuda Katolik di NTT untuk mensolidkan barisan dalam rangka lebih membumikan dan menggaungkan prinsip-prinsip Kebhinekaan, toleransi dan persatuan yang dibingkai dalam semangat ideologi Bangsa yaitu Pancasila.

Baca juga  Komitmen Para Dosen Muda se-Indonesia: Tebar Islam Moderat, Tangkal Terorisme

Ronald Da Gomez ini mengajak agar semua kader yang tergabung dalam organisasi Pemuda Katolik untuk bisa menjalankan Visi dan Misi Pemuda Katolik.

“Visi kita adalah menjadi organisasi kader yang handal bagi kaum muda Katolik dalam berkiprah untuk Gereja dan Tanah Air, dan Misi kita adalah mewujudkan kader-kader muda Katolik yang berjiwa Kristiani dan memiliki semangat Kebangsaan,” tegas Ronald.

Untuk menjalankan visi misi tersebut, Ronald berpesan kepada seluruh pengurus yang baru dilantik untuk segera membentuk kepengurusan Pemuda Katolik Kabupaten Lembata sampai tingkat paling bawah, hal ini menurutnya agar organisasi Pemuda Katolik dapat betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat banyak, khususnya di bumi lembata.

Pelantikan Komisariat Cabang (Komcab) Pemuda Katolik Kabupaten Lembata, Selasa (11/07/2017) di Kuma Resort Kabupaten Lembata, NTT

Sementara itu, Ketua Komisariat Cabang Pemuda Katolik Kabupaten Lembata yang baru dilantik, Heriyanto Wijaya mengatakan, bahwa panji pemuda Katolik telah diserahkan kepada kita, mari kita jaga dan kita sebarkan ke seluruh wilayah kabupaten Lembata dengan energi yang positif. Pemuda katolik harus memerangi hal-hal yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa, yakni terorisme dan narkoba.

Baca juga  Meredam Islam Radikal yang Sandera Demokrasi Indonesia

“Pemuda Katolik Kabupaten Lembata harus selalu menjadi ormas yang mengedepankan toleransi karena kita adalah Lembata, kita adalah NKRI, “tegas Heri.

Selain pelantikan pengurus baru, kegiatan yang berlangsung pada hari ini, juga menyelenggarakan Masa Penerimaan anggota (MAPENTA) yang di ikuti sebanyak 153 anggota dan diisi oleh pemateri dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Kikin Tarigan. Kegiatan itu dimaksudkan sebagai langkah konsolidasi, reorgnisasi dan Penguatan Struktur Organisasi Pemuda Khatolik secara keseluruhan di NTT.  Pasalnya setelah sekian lama organisasi Pemuda Katolik di NTT mengalami kevakuman, padahal NTT dikenal sebagai daerah mayoritas Katolik. (MOF)

COMMENTS