oleh

Pembahasan RUU Pemilu Gagal Capai Target

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Target DPR bersama Pemerintah untuk menyelesaikan pembahasan RUU Pemilu pada 27 April 2017 tidak bisa tercapai. Pasalnya, hingga kini, Pansus Pemilu DPR RI dan pemerintah baru menyelesaikan 2000 daftar inventarisasi masalah (DIM) dari total 3000 DIM.

Anggota pansus RUU Pemilu, Johnny G Plate, menuturkan, pembahasan itu tidak mungkin rampung dalam masa sidang ini. Sebab belum masuk ke tim perumus dan tim sinkronisasi.

banner 1280x904

“Tidak mungkin selesai pada masa sidang kali ini. Belum masuk tim perumus dan tim sinkronisasi. Pilihannya dua, musyawarah atau voting, dan di tingkat yang mana (pansus atau rapat paripurna),” kata anggota DPR dari Fraksi NasDem ini di Jakarta, Senin (24/4).

Menurut Johnny, pembahasan tersebut menjadi lambat karena harus menerjemahkan substansi ke dalam ayat per ayat. Apalagi, RUU itu merupakan gabungan tiga UU penting, yakni UU Penyelenggara Pemilu, UU Pemilihan Presiden, dan UU Pemilu Legislatif.

“Kalimat sampai titik koma itu bisa beda makna. Kadang itu tidak bisa didiskusikan dalam 2 menit. Bisa sampai setengah jam, apalagi harus mendengar pandangan dari seluruh fraksi secara bergilir. Itu membuat waktu pembahasan tidak bisa diburu-buru,” ungkapnya. (ZA/mi)

Komentar