Panjat Tebing Sumbang Tiga Medali Untuk Indonesia di Asian Games 2018

Panjat Tebing Sumbang Tiga Medali Untuk Indonesia di Asian Games 2018

Atlet Korut dan Korsel akan Pawai Satu Bendera Saat Asian Games di Jakarta
Hijaber Peraih Medali Emas Pertama Asian Games Dapat Hadiah Tabungan Haji
Hanifan Yudani Kusumah, Sang Juara Yang Berhasil Persatukan Indonesia

PALEMBANG, SUARADEWAN.com — Tiga dari empat atlet cabang olahraga panjat tebing nomor women speed dan men speed mempersembahkan medali untuk Indonesia di Asian Games 2018.

Aries Susanti Rahayu, Puji Lestari, dan Aspar Jaelolo masing-masing mempersembahkan medali emas, perak, dan perunggu. Di women speed terjadi All Indonesia.

Aries Susanti Rahayu mahasiswi Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berhasil menyumbang medali emas di cabang olahraga panjat tebing nomor speed putri untuk Indonesia pada Asian Games 2018 di Palembang. Aries yang berasal dari Grobogan, Jawa Tengah ini berhasil mengalahkan Puji dengan catatan waktu 7,61 detik. Sementara Puji Lestari yang mencatatkan waktu 7,98 detik berhak mendapatkan medali perak.

Aries Susanti Rahayu membukukan waktu 8,19 untuk mengalahkan Narada Disyabut dari Thailand pada babak 16 besar. Langkah Aries di babak 16 besar disusul Puji Lestari yang mencatatkan waktu 8,88. ketika menghadapi Amalina Syairah.

Baca juga  Tiongkok Kirim Kontingen Terbanyak, Brunei Tersedikit di Asian Games 2018

Semifinal putri mempertemukan duel antara Indonesia dan China karena Aries bertemu dengan Song Yiling dan Puji bersaing dengan He Cuilan.

Aries yang kalah start berhasil menyusul di bagian terakhir dan mencatatkan waktu 7,64 detik sekaligus memastikan tiket ke partai puncak. Final mempertemukan sesama atlet Indonesia setelah Puji membukukan waktu 7,84 untuk melangkah ke final.

Dari kiri: peraih perak Puji Lestari, peraih medali emas Aries Susanti Rahayu, dan peraih medali perunggu He Cuilian dari Cina, berpose di podium kategori speed Asian Games 2018 di Arena Panjat Tebing Jakabaring Sport City, Palembang, Kamis, 23 Agustus 2018. Dua atlet Indonesia, Aries dan Puji, saling bertarung di final.

Sementara itu Aspar Jaelolo yang meraih medali perunggu, pada babak kualifikasi, Aspar menempati peringkat keempat dengan catatan waktu 6,06 detik. Pada babak delapan besar tersebut catatan waktu Aspar lebih lamban ketimbang wakil Indonesia lainnya, Sabri yang membukukan waktu 5,94 detik.

Baca juga  Pesilat Puspa Arumsari Raih Emas ke-13 Indonesia di Asian Games 2018

Aspar Jaelolo membukukan waktu 5,96 ketika menghadapi Roman Kostyukov wakil dari Kazakhstan di babak 16 besar. Sementara Sabri berhasil melaju ke babak delapan besar ketika 6,06 detik ketika mengalahkan Au Chi Fung dari Hong Kong.

Aspar menghadapi Lee Seungbeom di babak perempat final. Pria asal Donggala itu berhasil memanjat tebing dengan catatan waktu 5,76 detik. Sabri pun menyusul Aspar dengan catatan waktu 6,08.

Di semifinal Aspar berhadapan dengan Zhong Qixin asal China, sementara Sabri beradu cepat dengan wakil Iran Reza Alipour. Qixin memupuskan ambisi Aspar dengan keunggulan 0,01 detik saja setelah mencatatkan waktu 5,64 detik. Sama seperti Aspar, Sabri juga gagal ke partai puncak usai kalah dari Alipour. (sd)

Panjat tebing menyumbang medali perunggu untuk Indonesia di Asian Games 2018 melalui aksi atlet nyentrik Aspar (kanan).

COMMENTS