oleh

Pak Jokowi, Jangan Takuti Freeport!

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Indonesia Budget Control (IBC) mendesak pemerintahan Jokowi-JK untuk bersikap tegas terhadap Freeport dengan menerapkan Undang-undang Minerba No. 4 tahun 2009, atau mengambil alih pengelolaan Freeport dan menyerahkanya kepada BUMN-BUMN dalam negeri.

“Saya yakin Sumber Daya Manusia ( SDM) Indonesia mampu mengelola Freeport. Mengambil alih Freeport adalah wujud aplikasi nawacita, yang menjadi janji kampanye jokowi,” ujar Direktur Eksekutif Indonesia Budget Control, Akhmad Suhaimi, di Jakarta, Kamis (18/6).

banner 728x419

Suhaimi juga menilai, istilah Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) hanyalah upaya pemerintah untuk menghindari pro kontra perpanjangan kontrak karya Freeport yang sedianya berakhir pada 2021 mendatang. “Padahal substansinya sama, yaitu penjajahan bagi Indonesia, dan tercabiknya kedaulatan energi kita atas keangkuhan Amerika dalam hal ini Freeport,” jelasnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, sejak semula Freeport telah diberikan kelonggaran oleh Kementerian ESDM dengan memberi aturan khusus pada Freeport yang memperbolehkan Freeport melanggar UU Minerba yang mewajibkan Freeport membangun smelter. ”Nyatanya Freeport diistimewakan dan dibiarkan tidak membangun smelter,” tandasnya. (SD)

Komentar

Berita Lainnya