oleh

Newmont Menyumbang 34,7 triliun Kepada Negara

MATARAM, suaradewan.com –  Terjadi peningkatan setoran pajak PT Newmont Nusa Tenggara 2015 daripada tahun sebelumnya. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Rachmat Makkasaau, mereka telah menyetor semua kewajiban keuangan kepada Pemerintah Republik Indonesia berupa pajak, nonpajak dan royalti sejak awal operasi hingga Desember 2015 sebesar Rp 34,7 triliun.

“Khusus royalti, pembayaran selama 2015 adalah sebesar Rp 1,04 triliun, angka yang jauh lebih besar dibanding pembayaran tahun sebelumnya sebesar Rp 222 miliar, yang dibayarkan melalui Kementerian Keuangan pada setiap kuartal,” kata Rachmat Makkasau di Mataram, Selasa (1/3).

banner 1280x904

Peningkatan tersebut disebabkan kenaikan tarif royalti dan perusahaan beroperasi dengan kapasitas produksi maksimal walaupun harga logam yang rendah pada 2015. Sebagai kontraktor Pemerintah, kata Rachmat, PTNNT akan selalu memenuhi kewajiban keuangan secara tepat waktu sesuai kontrak karya dan ketentuan lain yang berlaku.

Meskipun harga komoditas rendah, PT NNT tetap beroperasi dan produksi sesuai target, namun harus lebih efisiensi dan diharapkan harga komoditas akan mulai bergerak ke arah yang lebih positif pada 2016.

Selama operasi sampai dengan Desember 2015, keberadaan PT NNT juga memberikan manfaat ekonomi lainnya melalui pembayaran gaji sebesar Rp 11,5 triliun kepada sekitar 7.500 karyawan dan kontraktor.

“Selain itu, pembelian barang dan jasa sebesar Rp 49,3 triliun di tingkat lokal maupun nasional, serta program-program pengembangan masyarakat sebesar Rp 1,6 triliun,” tutur Rachmat.

PT NNT adalah perusahaan tambang tembaga dan emas yang beroperasi di Batu Hijau, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, berdasarkan kontrak karya generasi IV yang ditandatangani pada 2 Desember 1986.

Editor: Redaksi

Gambar Gravatar
Berita Parlemen & Demokrasi

Komentar