oleh

Nelayan Jakarta Gelar ‘Festival Laut Jakarta’, Bakal Seru lho ……

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Jakarta yang terletak di pesisir bagian barat pulau Jawa, dialiri 13 sungai yang menuju Teluk Jakarta dengan kondisi geografis lautan lebih luas dibanding daratan tentunya memiliki potensi sumber daya laut yang besar, dengan luas lautan 6977,5 kilometer persegi, sehingga perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

Namun masih banyak masyarakat pesisir laut Jakarta yang belum mendapat kontribusi yang maksimal. Untuk itu diperlukan peran pemerintah, BUMN, BUMD, swasta, koperasi, LSM dan masyarakat untuk berkerjasama bersinergi dalam meningkatkan nilai ekonomi sehingga dapat memberikan manfaat dan kontribusi kepada masyarakat.

banner 1280x904

Dengan limpahan sumber protein hewani yang disediakan oleh Sang Pencipta di lautan merupakan sumber kehidupan nelayan yang secara langsung dapat memenuhi hajat hidup orang banyak. Meskipun demikian masib kehidupan warga pesisir (Nelayan) belum mampu menikmatinya dengan maksimal.

Kecintaan akan laut yang memiliki sumber daya luar biasa menjadikan sebagai tempat bersandar bagi + 50.000 (lima puluh ribu) nelayan dengan + 12.000 (dua belas ribu) perahu tangkap tradisional di perairan Teluk Jakarta.

Baca juga  Imam Arifin Angkat Nama Indonesia di Etape 2 Tour de Flores 2017

Berdasarkan hal tersebut, maka masyarakat pesisir Jakarta memanifestasikannya melalui kegiatan acara Festival Laut Jakarta 2017, dimana tahun 2017 ini telah memasuki rutinitas yang ke-4 kalinya.

Baca juga: Tour de Molvccas 2017 Siap Digelar Sebagai Event Tahunan Pariwisata Maluku

Festival Laut Jakarta (FLJ) 2017 memiliki keunikan tersendiri yang menjadi kebanggaan masyarakat teluk Jakarta Utara. Dimana pada perayaan tahun 2017 ini sebagai publikasi promosi dalam rangka mendukung program “12 Destinasi Wisata Pesisir” di Jakarta yang sekaligus dilaksanakan kegiatan bersih-bersih laut dan sungai disepanjang lokasi kegiatan.

FLJ 2017 yang mengusung tema “Save Our Sea” ini, rencananya akan berlangsung di Perkumpulan Nelayan Cilincing atau Tempat Pelelangan Ikan pada tanggal 01-05 Oktober 2017. Kegiatan yang digelar selama lima hari berturut-turut tersebut akan dipadati 5000 pengunjung, dengan memberikan 70 place bazar bagi peserta yang bersedia memasarkan barangnya.

Baca juga  Penjurian Gandeng Artis Papan Atas, Judianto: Penyelenggara Abang Nona Harus Naik Kelas

Tak hanya itu, FLJ 2017 juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti Pawai Perahu Hias, Parade Nelayan, Wayang kulit Cirebon, Pentas Musik Rakyat yang juga diramaikan oleh artis-artis Ibukota, Pameran UMKM serta berbagai lomba lainnya yang tak kalah serunya.

Baca juga: Berlibur Ke Bangkok Lebih Murah Ketimbang Ke Labuan Bajo

FLJ 2017 juga akan menggelar Festival Kuliner dan hasil olahan laut dengan konsep Pesona Nusantara. Sementara pada malam puncak yang jatuh pada tanggal 3 Oktober rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim Luhut Panjaitan.

Festival Laut Jakarta 2017 adalah sarana memasarkan produc olahan laut yang begitu melimpah di Jakarta ini, laut sebagai sumber kehidupan dan nelayan yang mengantungkan perekonomiannya pada kekayaan laut harusnya mampu menggerakkan minat para penyelenggara negara agar bisa lebih peduli dan peka terhadap nasib kesejahteraan nelayan. (aw)

Komentar