oleh

Mudahkan Urusan Pertanahan, Kota Tangsel Luncurkan Aplikasi SERATON

TANGSEL, SUARADEWAN.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Kantor pertanahan bersama pimpinan daerah baru saja meluncurkan aplikasi Sistem Administrasi Pertanahan Online (SERATON), yang berlangsung di Aula lantai 4, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, pada Senin (23/4/2018).

Dalam sambutannya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyebutkan, bahwa masalah pertanahan merupakan salah satu sektor pembangunan yang memerlukan penanganan yang sangat serius dan ekstra hati-hati dari Pemerintah.

banner 1280x904

“Kehati-hatian ini karena tanah merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang  menggantungkan hidup pada tanah,” ujarnya.

Sebab menurut Airin, posisi pemerintah dalam menangani permasalahan pertanahan dihadapkan pada masalah yang serba sulit. Pada sisi sebagai pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi, mengatur ketertiban dan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga  Camat Pamulang: Para TKS Harus Menguasai Teknologi

“Administrasi pertanahan mempunyai peranan penting yang perlu mendapatkan penanganan yang lebih serius dan sungguh-sungguh agar dapat mendukung terlaksananya tugas pemerintah dalam pemerataan pembangunan sejak perencanaan,pelaksanaan, pemanfaatan, sampai kepada pengendaliannya,” paparnya.

Oleh sebab itu, dalam rangka mendukung tertib administrasi pertanahan, Pemerintah Kota Tangsel bekerjasama dengan Kantor Pertanahan Tangsel melakukan inovasi dengan sistem administrasi pertanahan online.

“Saya juga ingin memberikan apresiasi kepada Kominfo atas apa yang sudah dilakukan. Ini merupakan implementasi dari visi kota Tangsel guna terwujudnya Kota yang cerdas, berkualitas, berdaya saing, berbasis teknologi dan inovasi.” ungkapnya.

Selain itu, aplikasi SERATON merupakan wujud nyata Pemerintah Kota dalam rangka terus melakukan inovasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi ini juga diharapkan dapat memberikan banyak manfaatnya bagi masyarakat Kota Tangsel, khususnya dalam bidang pertanahan.

Baca juga  Menteri Susi Memention Kondisi Situ di Pamulang, Begini Tanggapan Airin

Sehingga dengan adanya sistem administrasi pertanahan online di harapkan masalah pertanahan di Kota Tangsel akan lebih teratur, dan sistem ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah Kota dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta melindungi masyarakat dari permasalahan pertanahan.

“Karena target saya di depan Pak Menteri sebesar 100 persen tanah di Tangsel paling lambat tahun 2019 semua sudah bersertifikat. Melalui aplikasi ini juga, nanti akan ketahuan berkas menumpuk di mana serta tidak ada lagi sertifikat tanah yang double,” tandasnya. (FN)

Komentar