oleh

Minim Peminat, Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Jogja Terancam Tutup

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com — Sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Yogyakarta terancam tutup karena minim peminat untuk mendaftar menjadi mahasiswa baru.

Menurut Ketua Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah V, Bambang Supriyadi, ia telah mengajukan permohonan surat keputusan (SK) penutupan salah satu PTS kepada Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

banner 1280x904

“PTS yang sedang menunggu SK penutupan adalah Akademi Maritim Ganesa (AMG) Yogyakarta,” ucap Bambang di Yogyakarta, Rabu (4/4).

Menurutnya, salah satu faktor utama yang menyebabkan AMG tutup adalah karena perguruan tinggi itu sudah tak lagi dilirik oleh calon mahasiswa. AMG hanya mengantongi akreditasi C dan tak berpeluang untuk memperpanjang status akreditasi karena tak memenuhi persyaratan.

Baca juga  PN Bogor Akan Eksekusi Wisma Mahasiswa Milik Pemprov Sulawesi Selatan

Salah satu syarat perpanjangan akreditasi adalah jumlah dosen. “Dalam setiap program studi (prodi), minimal harus ada enam dosen,” ucapnya. Sedangkan jumlah dosen AMG tak mencapai batas minimal tersebut.

Selain AMG, ia juga akan mengajukan permohonan SK penutupan untuk Akademi Komunikasi Yogyakarta (AKY). Permohonan itu akan segera disampaikan setelah ia mendapat peryataan resmi dari pihak pengelola AKY.

Menurutnya, sejak nonaktif hingga saat ini, AKY belum melakukan koordinasi dengan Kopertis. Padahal, Kopertis sudah sempat beberapa kali mengundang pengelola AKY untuk membicarakan kelanjutan dari akademi yang berlokasi di Babarsari, Sleman tersebut.

Baca juga  Forum Mahasiswa Islam Anti Radikal Ancam Akan Turun ke Jalan Hingga Surati Polri

Sedangkan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang juga sempat nonaktif, bulan lalu kampus yang terletak di Jalan Magelang, Sleman tersebut mendapat suntikan dana dari investor baru.

“Tahun ini STIE Mitra rencananya dapat kembali melakukan kegiatan perkuliahan dengan menerima mahasiswa baru,” ujar dia. (AK)

Komentar