oleh

Milad 3 Tahun, Sohib Indonesia Gelar Seminar Transportasi Berkelanjutan Jakarta

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sohib Indonesia berusia 3 tahun, kelompok relawan yang turut andil dalam memenangkan Gubernur dan Wakil Gubernur Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini masih konsisten menghadirkan program-program yang sejalan dengan program pemerintahan provinsi DKI Jakarta sebagai bentuk komitmen mengawal agenda pemerintahan Gubernur.

Di perayaan puncak milad Sohib Indonesia, digelarlah Seminar Transportasi Berkelanjutan DKI Jakarta dengan tema “Menuju Transportasi Berkelanjutan Jakarta,” di Gedung Joang, Jakarta, Jum’at (22/11/2019).

banner 1280x904

“Di hari puncak perayaan Hut 3 tahun Sohib Indonesia, kita menggelar seminar transportasi berkelanjutan Jakarta sebagai rangka mempromosikan angkutan transportasi massal yang  ramah, bebas polusi dan transportasi yang berkelanjutan agar maju kotanya dan bahagia warganya,” ucap Ketua Panitia Beny dalam sambutanya, Jakarta, Jum’at (22/11).

Dalam press release, menjelaskan bahwa seminar “Menuju Jakarta Transportasi Berkelanjutan” ingin menegaskan bahwa tuntutan hadirnya transportasi massal harus ditunjangi dengan kualitas transportasi yang hemat energi serta bebas polusi. Sehingga Jakarta dapat memberikan pelayanan transportasi massal yang bebas dari polusi udara dan memberi kenyamanan udara pada warganya.

Baca juga  Sohib Indonesia Gagas Program Bantuan Pembangunan Musholla di DKI Jakarta
foto bersama pengurus sohib indonesia bersama pembicara Izzul Waro

“Berbicara tentang transportasi massal 4.0, juga sebagai inovasi dalam pelibatan warganya serta harus ramah lingkungan. Misalnya tidak menghadirkan polusi serta memanusiakan para penumpang,” pungkas Moderator, Dika.

Pandangan yang sama juga diucapkan oleh pembina Sohib Indonesia, Chozin Amirullah. Menurutnya transportasi tidak lagi dipandang hanya sebagai alat pemindah orang. Tetapi juga menjadi tempat untuk interaksi.

“Sebagai penjabaran dari jargon “maju kotanya bahagia warganya” pemprov melakukan penataan sistem transportasi secara terintegrasi atau yang kita kenal dengan istilah JakLingko. Harapannya agar Jakarta menujur transportasi berkelanjutan,” kata Chozin Amirullah dalam sambutan pembukaan seminar, Gedung Joang, Jakarta, Jumat (22/11).

Bahkan, lanjut Staff Khusus Gubernur DKI Jakarta ini, ia lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum untuk menuju tempat-tempat di Jakarta. Selain aman, nyaman, hemat, dan juga upaya untuk mengurangi kemacetan serta polusi di Jakarta.

Baca juga  Pengemudi Transjakarta Berkebaya di Hari Kartini

Sebelumnya, seminar transportasi berkelanjutan juga menghadirkan Izzul Waro Direktur PT Transjakarta, Syafrin Liputo Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Ratih Mayasari Direktur MRT Jakarta.

Syafrin Liputo menjelaskan bahwa pihaknya kini telah mengembangkan 4 prioritas program dalam rangka mengurangi angka kemacetan dan polusi di DKI Jakarta, di antaranya adalah menyiapkan trotoar secara massif.

“4 prioritas kerja Dishub. menghadirkan trotoar secara massif, infrastruktur kendaraan yang ramah lingkungan, kendaraan umum massa terintegrasi, serta penanganan kendaraan pribadi,” ucap Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, di Gedung Joang, Jakarta (Jum’at, 22/11).