Meski Kehilangan Harta Sampai Rp 219 T, Bos Facebook Masih Terkaya di Dunia

Meski Kehilangan Harta Sampai Rp 219 T, Bos Facebook Masih Terkaya di Dunia

Rapat dengan Komisi I, Perwakilan Facebook Indonesia Meminta Maaf dan Janjikan Tiga Hal Ini
Inilah Kelemahan Facebook Berdasarkan Investigasi The Guardian
Gara-gara Skandal Data Privasi Facebook, Cambridge Analytica Nyatakan Diri Bangkrut

JAKARTA, SUARADEWAN.com — 2018 Akan menjadi salah satu tahun yang berkesan bagi CEO Facebook Mark Zuckerberg. Bagaimana tidak? Tahun ini, dia kehilangan harta sampai USD 15 miliar atau setara Rp 219 triliun (USD 1 = Rp 14.615).

Menurut laporan Time, Mark Zuckerberg mengalami kerugian lebih besar ketimbang orang-orang terkaya lainnya. Ini tak terlepas dari bermacam kontroversi seputar Facebook tahun ini.

Di antaranya adalah Facebook yang dituduh bertanggung jawab atas penyebaran berita palsu yang melibatkan agen Rusia untuk memengaruhi pemilu presiden 2016 di Amerika Serikat, lalu kasus Rohingya, dan masalah privasi seperti pengumpulan data profil pengguna lewat aplikasi.

Baca juga  Perangi Teroris dan Ekstrimis, Sejumlah Media Sosial Bentuk Forum Internet Global

Pada Juli lalu, saham Facebook juga mengalami kejatuhan tertinggi dalam sejarah saham AS, yakni sampai 20 persen. Selain kontroversi politik, Facebook juga memiliki masalah lain terkait pertumbuhan pengguna yang stagnan.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang menyaingi Facebook karena lebih populer di kalangan anak muda, tetapi Instagram sudah diakuisisi Facebook pada 2012. WhatsApp juga telah dibeli Facebook pada 2014.

Baca juga  Facebook Tegaskan Komitmen Perangi Pelaku Pedofilia

Meski kehilangan banyak harta, posisi Mark Zuckerberg masih sangat aman Berdasarkan data Bloomberg Billionaire Index, harta Zuckerberg mencapai USD 57 miliar (Rp 833 triliun). Saat ini adalah orang terkaya nomor 6 di dunia.

Sementara, Bloomberg melaporkan pendiri dan CEO Facebook itu jadi orang terkaya ketiga di dunia. Tercatat kekayaan bersih Zuckerberg mencapai USD 81,6 miliar. Kekayaannya itu konon berhasil menggeser kedigdayaan Warren Buffett yang memiliki total kekayaan sebesar USD 373 juta. (lip)

COMMENTS