oleh

Menteri Keuangan Sebut Gaji Bu Mega di BPIP Bukan Rp 112 Juta, tapi Hanya Rp 5 Juta

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani Idrawati angkat bicara terkait polemik gaji Megawati Soekarnoputri selaku ketua Dewan Pengarah BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Menurut dia, gaji Bu Mega cuman Rp 5 juta.

Polemik ini muncul setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden No.42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya Bagi Pimpinan, Pejabat dan Pegawai BPIP. Di sana tercantum, posisi yang dijabat Megawati menerima gaji Rp 112.548.000 per bulan. Nah, menurut menkeu, jumlah itu merupakan akumulasi dari beberapa komponen gaji.

“Gajinya lima juta rupiah, tunjangan jabatan Rp 13 juta. Asuransi kesehatan, asuransi kematian masuk di situ empat sampai 5 juta. Komponen transportasi dan komunikasi,” kata Ani – sapaan Sri Mulyani – di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/5), sembari mengatakan bahwa di perpres hanya disebut hak keuangan, tidak dirinci.

Baca juga  Menkeu Sosialisasikan Kebijakan Transfer Daerah dan Dana Desa

Saat ditanya perbedaan penghasilan pejabat di BPIP dengan menteri lainnya, Ani menyebut bahwa pejabat negara itu gaji pokoknya hampir sama, yakni Rp 5 juta. Yang membedakan adalah tunjungannya. Bahkan yang diterima Megawati dkk di BPIP terbilang kecil.

“Tunjangan bervariasi. Sebenarnya BPIP paling kecil Rp 13 juta, karena lembaga lain apakah eksekutif, yudikatif, legislatif bervariasi dari Rp 13 juta sampai puluhan juta,” jelas mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini.

Baca juga  Utang Indonesia Masih Relatif Kecil Dibanding Jepang dan AS

Terkait dengan fasilitas perjalanan dinas, Ani mengatakan ketika pejabat BPIP melakukan dinas ke luar kota, dia memastikan ada anggaran yang disiapkan negara.

“Kalau mereka ke luar kota ada biaya sendiri. Tentu anggarannya sedang diteliti. Sebagai BPIP, kepala pengarah, anggota, hak keuangannya itu sudah saya sampaikan,” pungkasnya.(fat/jpnn)

Komentar