Menjabat Sebagai Anggota DPR RI Fraksi PAN, Harta 3 Mantan Artis Ini Naik Turun

Menjabat Sebagai Anggota DPR RI Fraksi PAN, Harta 3 Mantan Artis Ini Naik Turun

Artis di Pusaran Politik Pilkada DKI, Pengamat: itu Hal yang Wajar
Fenomena Artis Menghina Ulama
Ungkapan Para Seleb tentang Kekalahan Ahok

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN) di DPR RI termasuk partai politik yang memberi kesempatan kepada semua golongan untuk menjadi anggota DPR RI. Profesi artis termasuk yang dilirik partai ini untuk mendulang kursi di parlemen.

Terbukti sejumlah selebriti lolos ke Senayan melalui partai ini pada Pemilu 2014 lalu. Primus bahkan sudah memasuki periode keduanya sebagai anggota DPR. Adapun Desy Ratnasari baru satu periode. Sebagai pejabat publik, anggota DPR melaporkan total kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai wujud transparansi.

Lewat situs resmi laporan harta kekayaan milik KPK, https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/, berikut perbandingan total harta kekayaan antara Primus Yustisio, Anang Hermansyah dan Desy Ratnasari.

Dessy Ratnasari

Desy Ratnasari, Anggota DPR RI/ Fraksi PAN

Meski tak sepenuhnya mundur dari dunia entertainment yang membesarkan namanya, Desy kini fokus kepada tugas barunya sebagai anggota DPR. Pada Pemilu 2014 lalu, Desy lolos ke Senayan melalui Partai Amanat Nasional (PAN). Desy melenggang ke Senayan dari Daerah Pemilihan Jawa Barat IV (Sukabumi) setelah memperoleh 56,397 suara.

Sebagai pejabat negara, Desy pun melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. Berikut harta kekayaan Desy:

Harta terbesarnya adalah tanah dan bangunan yang diperoleh saat masih aktif di panggung hiburan Tanah Air dengan nilai Rp 3,1 miliar. Diantaranya tanah dan bangunan senilai Rp 1,5 miliar di Kota Tangerang.

Baca juga  Eks Anggota DPR RI Fraksi PAN Jadi Terpidana Kasus Suap

Sementara alat trasportasi termewah yang dimiliki Desy saat adalah Toyota Vellfire keluaran Rp 2011 senilai Rp 1,1 miliar. Desy juga melaporkan giro setara kas lainnya senilai Rp 1,9 miliar.

Total harta Desy mencapai Rp 8.259.499.572 atau sekitar Rp 8,2 miliar. Laporan ini per 31 Desember 2014 atau empat tahun lalu.

Primus Yustisio

Primus Yustisio, Anggota DPR RI/ Fraksi PAN

Primus Yustisio salah satu artis papan atas Indonesia di era 1990 hingga 2000-an. Wajah gantengnya wara-wiri di stasiun TV berkat perannya di sejumlah sinetron.

Jika tahun 2008 saat ikut Pilkada Subang, Primus melaporkan hartanya senilai Rp 33 miliar, Primus kembali melaporkan total hartanya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2010 setahun setelah terpilih jadi anggota DPR RI Pemilu 2009.

Primus melaporkan total hartanya pada 2010 sisa Rp 24 miliar atau berkurang nyaris Rp 9 miliar dibanding 2008 lalu. Pada 2013, Primus kembali melaporkan harta kekayaan. Totalnya mencapai Rp 51 miliar atau nyaris naik dua kali lipat dibanding 2010. Pada tahun 2015, Primus kembali melaporkan detil harta kekayaannya, Totalnya Rp 77,2 miliar.

Baca juga  Ungkapan Para Seleb tentang Kekalahan Ahok

Berikut di antaranya:

Tanah dan bangunan seluas 237 meter persegi dan 400 meter persegi di Jakarta Selatan senilai Rp 11,8 miliar. Tanah dan bangunan seluas 687 meter persegi dan 1000 meter persegi di Jakarta Selatan senilai Rp 34,3 miliar

Alat transportasi kurang lebih Rp 2,9 miliar. Di antaranya Fortuner, Honda Jazz, Honda Brio, BMW 730 LI tahun 2011 senilai Rp 1,35 miliar, serta Toyota Alphard Rp 880 juta. Juga ada surat berharga dan giro setara kas kurang lebih Rp 6,8 miliar.

Anang Hermansyah

Anang Hermansyah, Anggota DPR RI/ Fraksi PAN

Musisi dan politikus Anang Hermansyah (45) tengah menjalani dunia politik. Seperti diketahui, bapak empat anak ini saat ini duduk di kursi Legislatif setelah meraih perolehan suara rakyat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) periode 2014-2019.

Di balik kegiatannya sekarang jadi wakil rakyat, sang istri Ashanty membongkar jika ternyata Anang tidak memiliki modal politik saat mencalonkan maju ke DPR RI kala itu.

Sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), musisi Anang Hermansyah harus melaporkan total harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan kekayaan ini selanjutnya dipublikasikan KPK di website https://acch.kpk.go.id/aplikasi-lhkpn/ sebagai bentuk transparansi pejabat publik.

Total harta kekayaan Anang Hermansyah Rp 8.821.073.162 dan 34.128 USD. (red)

COMMENTS