oleh

Mengintip Quick Count Pilkada Serentak 2015

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Hari ini, Rabu, 9 Desember 2015, seluruh daerah di Indonesia melaksanakan Pilkada Serentak. Dari pantauan di beberapa daerah, Pilkada sejauh ini berjalan lancar. Tak sedikit para kepala daerah yang berjaya dan kembali unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) sementara adalah ‘orang lama’ .

Di Surabaya, Jawa Timur, paslon petahana Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana, sebagai Calkot dan Cawalkot Surabaya meraih suara 85 persen lebih. Hasil ini jauh dari perolehan suara penantangnya, pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari. Di Depok, Jawa Barat, pasangan Idris-Pradi sementara unggul dari pasangan Okky-Babai. Idris sendiri sebelumnya menjabat sebagai Wakil Walikota Depok.

banner 1280x640

Sementara di Kabupaten Belitung Timur, Adik Ahok, Basuri Tjahaja Purnama kalah jauh perolehan suaranya dari Yuslih Ihza Mahendra, berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada oleh Cyrus Network. Adik Gubernur DKI Jakarta itu mengakui keunggulan Yuslih Ihza. Dia hanya berharap agar kakak dari Yusril Ihza Mahendra itu bisa memimpin Belitung Timur dengan baik dan mensejahterakan rakyat.

Meski berjalan lancar dan hampir 99 persen rampung, tetap saja banyak keluhan dari masyarakat dan para peserta Pilkada terkait penyelenggaraan Pilkada serentak 2015 ini. Rasiyo, calon Walikota Surabaya memaparkan keluhannya pada saat konpers. “Contohnya saya melihat di daerah saya sendiri. Banyak tetangga saya tidak menerima surat undangan. Walaupun bisa menggunakan KTP. Sosialisasi bisa membawa KTP juga tidak dilakukan dari awal,” ujarnya. (zz)

Komentar