oleh

Mengenal Nayodo Koerniawan, Pemuda Berprestasi Yang Siap Melayani Kotamobagu 2018-2023

KOTAMOBAGU, SUARADEWAN.com – Nama lengkapnya Nayodo Koerniawan. Dia akrab dipanggil Nanang. Sulit rasanya menemukan orang di Kotamabagu, Sulawesi Utara yang tidak mengenal sosok pemuda berprestasi ini.

Nanang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamabagu. Hampir lima belas tahun atau tiga periode Nanang melayani masyarakat Kotamabagu melalui lembaga penyelenggara pemilu itu.

banner 1280x904

Karena integritasnya yang sudah terbukti dalam pengabdiannya selama belasan tahun di KPU Kotamabagu, Sarjana Hukum lulusan Universitas Sam Ratulangi Manado ini sekarang digadang-gadang oleh masyarakat untuk menjadi calon Walikota Kotamabagu periode 2018-2023.

Mantan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) ini, selepas menjalankan studi di Universitas Sam Ratulangi, sempat menjadi pengacara di Ibukota Jakarta. Dia dilantik menjadi advokat pada 1996 di Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat. Namun dua tahun kemudian saat terjadi kerusuhan 1998, keluarga di kampung memintanya untuk kembali ke Kotamabagu.

Setelah kembali ke kampung halaman, dan sebelum menjadi komisioner KPU Kotamabagu, Nanang bersama sejumlah teman-teman aktivis lainnya sempat mendirikan LSM Lembaga Pemantau Kinerja Eksekutif dan Legislatif (LPEKEL). LSM ini bergerak untuk mengawasi kinerja eksekutif dan legislatif yang ada di wilayah Bolaang Mongondow Raya pada waktu itu.

Dengan bekal pengalaman sebagai aktivis, Nanang kemudian mencoba mendaftar menjadi komisioner KPU Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Hasilnya, dia dinyatakan lolos dan berhak menjadi penyelenggara pemilu Kabupaten Bolmong. Ketika wilayah Bolmong dimekarkan menjadi beberapa daerah, termasuk Kotamobagu pada tahun 2007, Nayodo lalu hijrah ke Kotamobagu dan terpilih menjadi Ketua KPU Kotamobagu untuk masa bakti tahun 2008 – 2013.

Dengan kiprahnya yang terbukti cemerlang selama periode itu, Nanang kemudian kembali dipercaya oleh tim seleksi untuk menjadi komisioner KPU Kotamobagu di periode berikutnya, yakni 2013 hingga 2018 nanti.

Berbekal solidaritas dan integritas dibawah komando Nanang, KPU Kotamabagu pada tahun 2014 mendapatkan kejutan yang luar biasa dari KPU RI. Pada 17 Desember 2014, Di Ecopark Ancol Jakarta, mereka menerima penghargaan tertinggi dari KPU RI dari 6 kategori yang dibagikan dalam KPU Award di sela-sela Rapat Kordinasi Nasional KPU se-Indonesia. Ketua KPU RI saat itu, Husni Kamil Manik, menyematkan pada KPU Kota Kotamabagu penghargaan sebagai bukti penyelenggaraan pemilu yang berintegritas.

Dengan bukti pengabdian dan prestasinya yang sudah terbukti itu, tidak mengherankan jika masyarakat Kotamabagu menginginkan Nanang untuk maju dalam kontestasi pemilihan walikota Kotamabagu pada 2018 nanti. (ZA)

Komentar