oleh

Masjid dan Pohon Natal: Indahnya Saling Menghargai

BEIRUT, SUARADEWAN.com  – Jika di Indonesia sibuk memperdebatkan masalah ucapan selamat Natal, Lebanon justru menunjukkan bentuk penghargaannya terhadap perbedaan agama. Bukan melalui ucapan, tetapi melalui sebuah pohon Natal besar yang berdiri megah di depan sebuah masjid.

Elie Saab, perancang fashion asal Lebanon, mendirikan pohon Natal besar di depan Masjid Al-Amin, Beirut untuk memperingati hari Natal, 25 Desember 2015.

Beirut memang dikenal sebagai kota yang memiliki penduduk dengan kepercayaan beragam di Timur Tengah. Dua yang paling dominan adalah umat Muslim dan Kristiani. Walaupun wilayahnya kecil, negara ini tidak bebas konflik karena berbatasan dengan Suriah dan Israel.

Di media sosial, keberadaan pohon Natal di depan masjid ini mendapat banyak acungan jempol dan pujian. “Indahnya rasa saling menghargai,” kata satu pengguna media sosial. Lainnya mengatakan,”Wow, indah sekali, kalau di Indonesia seperti ini pasti aman (dan) nyaman.” Akan tetapi, foto-foto ini juga tidak lepas perdebatan tentang batas toleransi. Ada yang mengatakan tidak setuju dengan konsep itu, namun banyak juga yang mendukungnya. Sementara itu, salah seorang pengguna media sosial, Yulia Endang berkomentar sederhana. “Istiqlal juga dekat dengan gereja, no problemo, ibadahkan masing-masing.” (zz)